Hubungan Motivasi Kader Dalam Menggerakkan Masyarakat Dengan Kunjungan Balita pada Kegiatan Posyandu di Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri

candra dewi nataningtyas, elin soyanita

Abstract


Abstract: Motivasi kader dalam menggerakkan masyarakat adalah keadaan seseorang yang mendorong kerelaan individu dalam hal ini kader untuk melaksanakan suatu kegiatan Posyandu dalam mengundang atau memberi informasi pada masyarakat dalam bentuk verbal, gerakan (fisik), atau psikologis yang membuat seseorang melakukan sesuatu sebagai respon yaitu supaya masyarakat mau berkunjung ke Posyandu. Sehingga motivasi kader dalam kegiatan Posyandu sangat diperlukan. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kunjungan Balita di Posyandu Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi kader dalam menggerakkan masyarakat dengan kunjungan Balita pada kegiatan Posyandu. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif, populasi seluruh kader Posyandu sejumlah 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan hubungan antara kedua variabel tergolong cukup erat dengan nilai koefisien 0,638 dan menunjukkan hubungan yang signifikan antara motivasi kader dalam menggerakkan masyarakat dengan kunjungan Balita di Posyandu dengan nilai Sig. 0,000 atau lebih kecil dari 0,005 . Data tersebut menunjukkan bahwa masih perlunya dilakukan pelatihan ulang kader dan diharapkan semua kader agar lebih meningkatkan perannya dalam kegiatan Posyandu terutama dalam menggerakkan masyarakat.

Keywords: Motivasi kader, kunjungan Balita, Posyandu

Full Text:

PDF

References


Direktorat Kesga. 2016. Laporan Tahunan Direktorat Kesehatan Keluarga. Jakarta.

Ifroh, Riza Hayati., Susanti, Rahmi., Winanda, Wenny. 2018. Kajian Teori WHO Mengenai Jumlah Kunjungan Ibu ke Posyandu Tarap Guna Meningkatkan Cakupan D/S Bayi Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 9 No.1 (2018) 08-14.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta. Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2018. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta. Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2017. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta. Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Umum Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Jakarta.

Malahayati, Nelly. 2015. Hubungan Peran Kader dan Dukungan Keluarga Terhadap Rendahnya Kunjungan Bayi dan Balita ke Posyandu di Desa Buket Selamat Kecamatan Sungairaya Kaupaten Aceh Timur. Jurnal Suwa Binusa Vol. 1, No. 01.

Meilani, Niken. 2009. Kebidanan Komunitas. Yogyakarta : Fitramaya.

Nisra. 2009. Gambaran Faktor-faktor Tercapainya Cakupan Penimbangan Balita. http//www//skripsi.com. Akses tanggal 10 November 2018.

Subagyo, Widyo., Mukhadiono., Wahyuningsih, Dyah. 2015. Peran Kader dalam Memotivasi Ibu Balita Berkunjung ke Posyandu. Jurnal Keperawatan Soedirman Vol. 10, No. 3.

Susilowati. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu. http//www//skripsi.com. Akses tanggal 8 November 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/htc.v1i2.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.