Komunikasi terapetik konselor dalam pendampingan korban kekerasan seksual pada anak laki-laki

  • sri wahyuningsih Universitas Trunojoyo Madura
Abstract views: 201 , PDF downloads: 145
Keywords: Komunikasi Terapeutik, UPTD PPA, Anak Laki-Laki Korban Kekerasan Seksual

Abstract

Pada tahun 2020 terdapat kasus kekerasan seksual yang dilakukan pada 25 anak laki-laki di sebuah pesantren di Sidoarjo yang dilakukan oleh Ustaz di pesantren tersebut sejak tahun 2016. UPTD PPA Sidoarjo sebagai badan yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang bertugas dalam pendampingan perempuan dan anak korban kekerasan seksual di Kabupaten Sidoarjo memiliki peranan besar dalam pendampingan pemulihan trauma yang dialami korban. Salah satu upaya yang digunakan konselor UPTD PPA Sidoarjo dalam proses pendampingan korban adalah komunikasi terapeutik, yang berperan penting dalam penyembuhan korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan, teknik dan hambatan komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh koselor dalam proses pendampingan anak laki-laki korban kekerasan seksual. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Menggunakan teori interaksi simbolik dan teori self disclosure. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data studi kasus Creswell. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teori, dan metode. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat tahapan dalam proses komunikasi terapeutik konselor yakni tahap persiapan, perkenalan, pendampingan, dan akhir pendampingan. Teknik komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh konselor terdiri dari teknik verbal, teknik nonverbal, dan teknik hiburan atau relaksasi. Pada proses pendampingan, hambatan yang sering ditemui oleh konselor adalah hambatan usia dan pemahaman, hambatan keluarga dan hubungan antara klien dengan pelaku.

Author Biography

sri wahyuningsih, Universitas Trunojoyo Madura
Communication departement

References

Creswell John W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indarwati, Ferika. (2019). Konsep Komunikasi Dasar Keperawatan Anak. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Syarifudin, A., & Adhie, R. (2016). Interaksi Simbolik Antara Shadow Dengan Anak Autis di Sekolah Kreatif Surabaya. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1).
Sarfika, Rika, Esthika Ariani Maisa, Windy Freska. (2018). Buku Ajar Keperawatan Dasar 2: Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan. Padang: Andalas University Press.
Wahyuningsih, Sri. (2021). Komunikasi Terapeutik: Konsep, Model, dan Kontinuitas Komunikasi dalam Psikoedukasi terhadap Orang dengan Gangguan Jiwa. Malang: Intrans Publishing.
Gustian, E. (2001). Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah. Jakarta: Puspa Swara.
Nurhaeni, N. (1998). Koping Pada Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 2(5).
Harahap, Reni Agustin, Fauzi Eka Putra. (2019). Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mundakir. (2006). Komunikasi Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Pratiwi YS. (2012). Penurunan tingkat kecemasan anak rawat inap dengan permainan hospital story di RSUD Kraton Pekalongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Rohmah, N. (2019). Terapi Bermain. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Delphine, Bandi. (2009). Genetika: Sebagai Faktor Endogen Anak Berkebutuhan Khusus. Klaten: PT Intan Sejati.
Malchiodi, A.C. (2001). Using Drawing as Intervention with Traumatized Children. TLC’s Journals, Trauma and Loss: Research and Intervention, 1.
Tomb, D. A. (2003). Buku saku psikiatri (edisi ke-6). Jakarta: EGC.
Saam, Zulfan. (2013). Psikologi Konseling. Jakarta: Rajawali.
Jawapos. (2021). Guru Ngaji di Sidoarjo Cabuli 25 Santri Sejak 2016. Diakses pada 15 November 2021 dari www.jawapos.com:
https://www.jawapos.com/surabaya/12/06/2021/guru-ngaji- di-sidoarjo- cabuli-25-santri-sejak-2016/
Unit Pelaksana Tugas Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak. (2020). Catahu (Catatan Tahunan) UPTD PPA. Sidoarjo: Unit Pelaksana Tugas Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak.
Unit Pelaksana Tugas Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak. (2021). Catahu (Catatan Tahunan) UPTD PPA. Sidoarjo: Unit Pelaksana Tugas Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak.
Published
2022-10-14
How to Cite
wahyuningsih, sri. (2022). Komunikasi terapetik konselor dalam pendampingan korban kekerasan seksual pada anak laki-laki . Jurnal Komunikasi Profesional, 6(5), 435-457. https://doi.org/10.25139/jkp.v6i5.4801
Section
Articles