Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Brand “Harmoni Kediri The Service City”

Rino Sardanto, Restin Meilina, Basthoumi Muslih

Abstract


Abstrak

Harmony Kediri The Service City adalah merek kota yang dirilis Kediri pada pertengahan 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan publik di Dispendukcapil Kediri berdasarkan Harmony Kediri The Service City brand. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tiga birokrat dispendukcapil dan tiga orang Kediri yang telah melakukan pencatatan data lebih dari satu kali (sebelum dan sesudah merek dirilis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah merek Harmony Kediri The Service City, perubahan kebijakan pelayanan publik di dispendukcapil Kediri dapat dilihat dari prosedur pelayanan, persyaratan layanan, kompetensi personel layanan, proses layanan cepat, inovasi-layanan, inovasi dan pemenuhan fasilitas yang cukup nyaman. Hasilnya juga menunjukkan keberhasilan memposisikan Harmoni Kediri The Service City sebagai merek Kota di Kediri.

Public Service Implementation Based On Brand "Harmoni Kediri The Service City"

 Abstract

Harmony Kediri The Service City is a city brand released Kediri in mid 2016.  The purpose of this study to find out how the implementation of public services in Dispendukcapil Kediri based on the Harmony Kediri The Service City brand. This research method is qualitative with case study approach. Data were collected through interviews with three of bureaucrats dispendukcapil and three people of Kediri who had done data recording more than once (before and after brand released). The results showed that after the brand Harmony Kediri The Service City, the change of public service policy in dispendukcapil Kediri can be seen from service procedures, service requirements, the competence of service personnel, the process of rapid service , innovation-service, innovation and fulfillment of facilities that are quite comfortable . The result also shows the success of positioning Harmoni Kediri The Service City as City brand in Kediri.


Keywords


City Brand; Harmony Kediri Kota Layanan; Pelayanan Publik; City Brand; Harmoni Kediri The Service City; Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Barometer. (2016). Harmoni Kediri (Vol 7/ II). Kediri: Pemerintah Kota Kediri. Retrieved from www.kedirikota.go.id

Cavia, J. F. (2013). Destination Brands and Website Evaluation: a research Metodology. Revista Latina de Comunicacion Social, 68, 622–638. https://doi.org/10.4185/RLCS-2013-993en

Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gelder, S. . (2005). Global Brand Strategy. London: Kogan Page.

Juanim, & Rahmawati, N. L. (2015). Pengaruh City Branding terhadap Image Of Urban Destination dan Dampaknya pada Post-Visit Behavior. Trikonomika, 14(1), 66–75.

Kertajaya, H. (2005). Attracting Tourist, Trader, Investor Strategi Memasarkan Daerah di Era Otonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Larasati, D., & Nazaruddin, M. (2016). Potensi Wisata Dalam Pembentukan City Branding Kota Pekanbaru. Jurnal Komunikasi, 10 (2), 99–116.

Lembaga Administrasi Negara. (2009). Standar Pelayanan Publik, Langkah-Langkah Penyusunan. Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN.

Meilina, R. (2017). Pelayanan Publik Dalam Perspektif MSDM (Tinjauan dari Dimensi OCB, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi). Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mirnasari, R. M. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purbaya Bungurasih. Universitas Airlangga. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1). Retrieved from Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purbaya Bungurasih. Universitas Airlangga.

Moilanen, Teemu, & Rainisto. (2009). How to Brand Nations, Cities and Destinations, A Planning Book for Place Branding. USA: Palgrave Macmillan.

Moleong, L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Mursitama, T. N. (2012). Jurnal Rechtsvinding Media Pembinaan Hukum Nasional, 1(April), 75–92.

Pramuningrum, A. D., Dini, S., & Fitrah, A. (2017). Strategi City Branding Humas Pemerintah Kota Bandung Sebagai Smart City Melalui Program Smart Governance. Jurnal Promedia, 3 (2), 162–182.

Putri, D. A. E. (2016). Senantiasa Di Sisi Anda Sebagai Branding Tagline Dalam Membentuk Citra Terpercaya Nasabah Bank Central Asia ( BCA ) Samarinda. Jurnal Imu Komunikasi, 4(4), 149–160.

Riyadi. (2009). Fenomena City Branding pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 1–6.

Rohman, D. F., Hanafi, I., & Hadi, M. (2010). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(5), 962–971.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Widaningrum, J. (2010). Reformasi Aparatur Negara: Ditinjau Kembali. Jakarta: Java Media-JMKP-MAAP UGM.

Yuli, A. (2011). City Branding Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata Ditinjau dari Aspek Hukum Merek. Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum QISTI, 5 (1), 50–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v2i2.1008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

Creative Commons License
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My State :