EFEKTIVITAS PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA PENYANDANG TUNARUNGU

Bambang Raditya Purnomo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas pelatihan kewirausahaan dalam meningkatkan motivasi berwirausaha pada individu penyandang tuna rungu di Kota Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi berwirausaha individu penyandang tuna rungu sehingga banyak yang menjadi buruh atau bahkan pengangguran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan design One Group Pre Test Post Test. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner motivasi berwirausaha. Data yang diperoleh melalui kuisioner dianalisis dengan menggunakan metode t Test. Dari analisis data yang dilakukan terlihat bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan motivasi berwirausaha pada individu tunarungu setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pendidikan Luar Biasa Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Alat Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Direktorat PLB Departemen Pendidikan Nasional.

Ebert, R.J. (2000). Business Essentials. New York : Prentice Hall

Harris, M. (2000). Human Resource Management. Illinois : Dryden Press.

Herawaty. (2010). Motivasi Berwirausaha. http://www.docstoc.com/motivasi- berwirausaha/docs. Diunduh pada tanggal 28 April 2014

Somad, P. & Hernawati, T. (1996). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

Sanusi, A. (1994). Menelaah Potensi Perguruan Tinggi Untuk Membina Program Kewirausahaan dan Mengantar Kehadiran Pewirausaha Muda. Makalah Seminar Kewirausahaan, Inkubator Bisnis Bandung, STMB-KADIN Jabar.

Sastrawinata, E. (1996). Pendidikan Anak-anak Tunarungu. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Zimmerer, T.W. (1996). Entrepreneurship and New Venture Formation. New Jersey : Prentice Hall.

Wijandi, S. (1988). Pengantar Kewiraswastaan. Bandung : Sinar Baru




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v1i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ekspektra



Indexed By :

Creative Commons License
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My State :