ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH SPIN OFF

Rachmania Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan Return On Asset (ROA) sebelum dan sesudah peristiwa spin off pada bank syariah. Penelitian ini dilakukan pada dua bank syariah yaitu PT. BNI Syariah dan PT. BCA Syariah yang melakukan spin off. Periode pengamatan adalah lima tahun dan teknik analisis data menggunakan uji beda paired sample t-test. Hasil temuan penelitian bahwa terdapat perbedaan signifikan DPF sebelum dan sesudah peristiwa spin off sedangkan CAR dan ROA dari kedua bank tersebut tidak terbukti terdapat perbedaan. Implikasi penelitian ini bahwa kinerja bank syariah setelah melakukan spin off mampu menurunkan NPF sehingga tingkat kesehatan bank menjadi lebih baik. Tingkat kesehatan berdasarkan CAR bank syariah tergolong kondisi sehat namun dengan melakukan spin off masih belum mampu menutupi penurunan aktiva sebagai akibat dari kerugian bank karena aktiva yang beresiko sedangkan ROA bagi manajemen bank harus lebih selektif dalam mengelola seluruh aktiva yang tersedia walaupun nilai ROA telah menunjukkan kondisi sehat.

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. 2011. Surat Edaran No 13/24/DPNP Perihal Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.Jakarta. Indonesia.

Dian Kusumaningsih 2012, “Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Nasional yang Terdaftar di BEI Pada Saat Krisis dan Sesudah Krisis dengan Menggunakan Metode CAMEL”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas Dian Noswantoro Semarang.

Erma Andriyani 2011, “Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah Sebelum dan Sesudah Adanya Spin-off Berdasarkan UU NO. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, IAIN Walisongo Semarang.

Fajri Hakim 2013, “Analisis Pengaruh Rasio NPL, LDR, GCG, NIM, CAR, dan BOPO Terhadap Tingkat Kesehatan (Studi Empiris Pada Bank Konvensional yang tercatat di BEI Tahun 2008-2012)”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas Diponegoro Semarang.

http://www.bi.go.id/ diakses pada 10 Desember 2015 Tentang Penghimpunan Dana dan Peyerahan Dana Syariah

http://www.bni.co.id/ diakses pada 10 Desember 2015 Tentang Laporan RasioKeuangan

http://www.bnisyariah.co.id/ diakses pada 10 Desember 2015 Tentang Laporan Rasio Keuangan

Khaerunnisa Said 2012, “Analisis Tingkat Kesehatan Bank dengan Menggunakan Metode CAMELS Pada PT. Bank Syariah Mandiri (Periode 2001-2010)”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas Hasanuddin Makassar.

Lotus Mega Fortrania 2015, “Analisis Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah dengan Metode CAMELS dan RGEC”, El- Dinar,vol. 3 no.1, pp. 118-126.

Siti Muayanah 2012, “Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank BNI Syariah Sebelum dan Sesudah Menjadi Bank Umum Syariah”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas IAIN Walisongo Semarang.

Sugiarti Welthi 2012, “Analisis Kinerja Keuangan dan Prediksi Tingkat Kesehatan Bank dengan Menggunakan Metode CAMEL Pada Bank Umum yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas Gunadarma Jakarta.

Sumani & Lia Rachmawati 2013, “Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Bank dengan Metode CAMELS Pada Bank Syariah Mandiri Tahun 2006-2010”, Jurnal Orasi, vol. 7, no.1, pp. 41-54.

Susanto Yulius & Tjhai 2012, “Penentu Kesehatan Perbankan”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, vol.14 no.2, pp.105-116.

Titik Aryati & Balafif Shirin 2007, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesehatan Bank dengan Regresi Logit”. Jurnal The Winners, vol. 8 no.2, pp.111-125.

Tri Wahyudi & Sutapa 2012, “Model Prediksi Tingkat Kesehatan Bank Melalui Rasio Camels”, Media Ekonomi dan Teknologi Informasi, vol. 19 no. 1, pp. 35– 49.

Wangsawidjaja 2012, Pembiayaan Bank Syariah, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wiwik Utami & Ahmad Chotib 2014, “Studi Kinerja PT. BNI Syariah Sesudah Pemisahan (Spin Off) dari PT. Bank BNI (Persero)Tbk”, Akuntabilitas, vol. 7 no. 2, pp. 94-118.

Yuliani 2016, Manajemen Lembaga Keuangan, Citrabooks Indonesia, Palembang.

Zia Rahman 2013, “Analisis Kesehatan Bank Syariah dengan Menggunakan Metode CAMEL (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Syariah Tahun 2008-2011)”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zuhdi Amini Aunillah 2008, “Penerapan Analisis CAMEL untuk Mengevaluasi Kesehatan Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta)”, Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v1i1.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ekspektra



Indexed By :

Creative Commons License
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My State :