Analisis Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Selama Pandemi Covid-19

  • Widiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract views: 168 , 3403 publish (Bahasa Indonesia) downloads: 574

Abstract

Abstract

Online learning is currently being implemented in Indonesia because of the impact of Covid-19. This research is to describe the motivation to learn mathematics education students ini online learning during the Covid-19 pandemic. This research is a descriptive qualitative research. The subjects in this research is students in the 6th and 7th semesters of the mathematics education study program at Singaperbangsa Karawang University (UNSIKA) with 32 samples taken randomly. The instrument in this research used data in the form of a questionnaire  given online via Google Form and the results of interviews. The data analysis technique in this study was to interpret the presents of each of the 7 indicators of learning motivation according to Uno and to conduct interviews with selected research subjects related to online learning. The result of this research is that the 6th and 7th semesters of mathematics education students of UNSIKA have a high motivation to learn by obtaining a percentage of 88%. This means that even in the conditions of the Covid-19 pandemic and the implementation of online learning, it does not affect the motivation of students of mathematics education study programs to study actively.

 

Keywords: Motivation to learn, Online Learning, Mathematics Education

 

Abstrak

Pembelajaran daring saat ini tengah diberlakukan di Indonesia karena dampak dari Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar daring mahasiswa pendidikan matematika selama pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 dan semester 7 pada program studi pendidikan matematika di Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) dengan sampel diambil secara acak berjumlah 32 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan data berupa kuesioner atau angket yang diberikan secara online melalui Google Form dan hasil wawancara. Teknik analasis data dalam penelitian ini dengan menginterpretasikan presentse dari setiap 7 indikator motivasi belajar menurut Uno dan dilakukan wawancara kepada subjek penelitian yang terpilih terkait pembelajaran  daring. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika UNSIKA semester 6 dan semester 7 dominan memilliki motivasi belajar yang tinggi dengan memperoleh presentase sebesar 87,93%. Ini artinya, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 dan sedang diberlakukannya pembelajaran daring tidak mempengaruhi motivasi mahasiswa program studi pendidikan matematika untuk giat dalam belajar.

Kata Kunci: Motivasi belajar, Pembelajaran daring, Pendidikan Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Widiyanti, Universitas Singaperbangsa Karawang

Nama saya Widiyanti. Saya adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika di Universitas Singaperbangsa Karawang

Alpha Galih Adirakasiwi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Nama Alpha Galih Adirakasiwi. Beliau adalah Dosen program studi pendidikan matematika di Universitas singaperbangsa Karawang

Haerudin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Nama Haerudin. Beliau adalah Dosen program studi pendidikan matematika di Universitas singaperbangsa Karawang

Published
2021-11-04
Section
Articles