Profil Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Probabilitas dan Ketidakpastian Data Berdasarkan Gender

  • Chusnul Maulidatun Nisa' Universitas Dr Soetomo
  • Sumartono Sumartono Universitas Dr. Soetomo
  • Lusiana Prastiwi Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 24 , 8497 publish (Bahasa Indonesia) downloads: 15

Abstract

Abstract

This research is motivated by the results of the mathematics literacy scores obtained by Indonesia which experienced a decline in 2022 and the average mathematics learning outcomes of students were 75. The purpose of this study was to determine the level of mathematics literacy of grade XI DKV 2 SMK students at SMK PGRI 13 Surabaya based on gender. This type of research is qualitative descriptive research. The study subjects were 4 people, namely 2 male students and 2 female students who were selected based on the consideration and recommendation of mathematics teachers with the criteria of having good communication skills and seen from student grade data. Based on the results of the study, the questions given were PISA questions with probability and data uncertainty content consisting of 6 questions with different levels of difficulty. The conclusion that can be drawn is that the mathematical literacy skills of male students are superior to that of female students. Female students reached level 2 while male 1 reached level 3 and male 2 reached level 4.

 

Keywords: Mathematical Literacy Ability, Probability and Data Uncertainty, PISA Questions.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil skor literasi matematika yang diperoleh Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2022 serta hasil belajar matematika siswa memperoleh rata-rata sebesar 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui level literasi matematika siswa SMK kelas XI DKV 2 di SMK PGRI 13 Surabaya berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang, yaitu 2 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan yang dipilih atas pertimbangan dan rekomendasi guru matematika dengan kriteria mempunyai kemampuan komunikasinya yang baik serta dilihat dari data nilai siswa. Soal yang diberikan merupakan soal-soal PISA konten probabilitas dan ketidakpastian data yang terdiri dari 6 soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah kemampuan literasi matematika siswa laki-laki lebih unggul dibandingkan kemampuan literasi matematika siswa perempuan. Siswa perempuan mencapai level 2 sedangkan siswa laki-laki 1 mencapai level 3 dan siswa laki-laki 2 mencapai level 4.

 

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Probabilitas dan Ketidakpastian Data, Soal PISA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Yopa, I. Juwita, S. Zananti, and Y. Y. Putra, “Pengembangan Permainan Sembilun Sebagai Media Pembelajaran Literasi Matematika,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 132–143, 2022.

O. G. Board, “PISA 2021 Mathematics Framework (first draft),” 2018, Stokholm, Sweden.

O. de coopération et de développement économiques, PISA 2018 assessment and analytical framework. OECD publishing, 2019.

R. Masfufah and E. A. Afriansyah, “Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 291–300, 2021.

F. A. O. Lastuti, R. M. Maharani, and H. S. Pratini, “Analisis kemampuan literasi matematika kelas VIII menurut gender,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 2018.

S. C. Dilla, W. Hidayat, and E. E. Rohaeti, “Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA,” J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 2, no. 1, pp. 129–136, 2018.

R. Johar, “Domain soal PISA untuk literasi matematika,” J. Peluang, vol. 1, no. 1, p. 30, 2012.

U. Sutrisno and A. G. Adirakasiwi, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data,” Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. Sesiomadika, pp. 137–148, 2019.

A. Rismayanti, F. Basir, Karmila, and F. A, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau Dari GENDER,” Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. Volume 7No, 2024.

Published
2025-02-28
Section
Articles