Analisis Teori ACTORS Peran Perempuan PGRI Jawa Timur dalam Pemberdayaan Masyarakat

  • Muhammad Fadeli FISIP UBHARA Surabaya
  • Lailatul Musyarofah STKIP PGRI Sidoarjo
Abstract views: 281 , PDF downloads: 230
Keywords: Perempuan PGRI, Pemberdayaan Masyarakat, Teori ACTORS

Abstract

Badan Khusus Perempuan PGRI adalah salah satu Badan Pelengkap Organisasi yang ada pada PGRI pada setiap level mulai Cabang, Kabupaten, Provinsi, dan Pengurus Besar. Visi Badan Khusus ini adalah untuk memberdayakan perempuan PGRI melalui kegiatan peningkatan kemampuan dan keahlian. Sebagai organisasi pemberdayaan, penting untuk mengetahui tingkat authority (wewenang), confidence and competence (rasa percaya diri dan kemampuan), trust (keyakinan) oppurtinities (kesempatan), responsibilities (tanggung jawab), dan support (dukungan) yang dimiliki oleh perempuan PGRI. Untuk itu penelitian ini
menganalisis ke enam aspek dalam teori ACTORS pada perempuan PGRI dan peran mereka dalam upaya pemberdayaan masyarakat. ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah pengurus Badan Khusus Perempuan PGRI 33 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur dimana masing-masing Kabupaten/Kota diambil dua sehingga jumlah totalnya adalah 66. Instrumen yang digunakan untuk menggali data adalah kuesioner dan interview. Temuan yang didapatkan adalah bahwa tingkat keberdayaan perempuan PGRI Jawa Timur dari enam aspek teori ACTORS sudah tinggi. Disamping itu, keterlibatan perempuan PGRI dalam pemberdayaan masyarakat melalui organisasi/komunitas pemberdayaan sudah baik. Rekomendasi untuk penelitian yang akan datang adalah mengadakan penelitian yang ditujukan kepada perempuan yang bekerja pada sektor industri atau ibu rumah tangga yang bekerja di rumah sehingga hasil yang didapat bisa diteruskan pada pihak terkait untuk ditindak lanjuti. Hal ini akan menumbuhkan kesadaran kearah kemandirian sehingga memiliki pemahaman tentang pemberdayaan diri (self empowring).

Author Biography

Lailatul Musyarofah, STKIP PGRI Sidoarjo

Badan Khusus Perempuan PGRI adalah salah satu Badan Pelengkap Organisasi yang
ada pada PGRI pada setiap level mulai Cabang, Kabupaten, Provinsi, dan Pengurus Besar. Visi Badan Khusus ini adalah untuk memberdayakan perempuan PGRI melalui kegiatan peningkatan kemampuan dan keahlian. Sebagai organisasi pemberdayaan, penting untuk mengetahui tingkat authority (wewenang), confidence and competence (rasa percaya diri dan kemampuan), trust (keyakinan) oppurtinities (kesempatan), responsibilities (tanggung jawab), dan support (dukungan) yang dimiliki oleh perempuan PGRI. Untuk itu penelitian ini menganalisis ke enam aspek dalam teori ACTORS pada perempuan PGRI dan peran mereka dalam upaya pemberdayaan masyarakat. ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana
subjek penelitiannya adalah pengurus Badan Khusus Perempuan PGRI 33 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur dimana masing-masing Kabupaten/Kota diambil dua sehingga jumlah totalnya adalah 66. Instrumen yang digunakan untuk menggali data adalah kuesioner dan interview. Temuan yang didapatkan adalah bahwa tingkat keberdayaan perempuan PGRI Jawa Timur dari enam aspek teori ACTORS sudah tinggi. Disamping itu, keterlibatan perempuan PGRI dalam pemberdayaan masyarakat melalui organisasi/komunitas pemberdayaan sudah baik.
Rekomendasi untuk penelitian yang akan datang adalah mengadakan penelitian yang ditujukan kepada perempuan yang bekerja pada sektor industri atau ibu rumah tangga yang bekerja di rumah sehingga hasil yang didapat bisa diteruskan pada pihak terkait untuk ditindak lanjuti. Hal ini akan menumbuhkan kesadaran kearah kemandirian sehingga  memiliki pemahaman tentang pemberdayaan diri (self empowring)

References

Hartutik. (2015). R.A. Kartini : Emansipator Indonesia Awal Abad 20. Jurnal Seuneubok Lada, 2(1), 86–Habib, M. A. F. (2021).

Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106–134.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2012).

Kebijakan dan Strategi Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP). 1–

Kesuksesan, M., & Keluarga, U. (2003).

PERANAN KEMANDIRIAN WANITA DALAM MENDUKUNG KESUKSESAN USAHA KELUARGA Oleh : Basukiyatno ABSTRAK.

Kiftiyah, A. (2019). Perempuan Dalam Partisipasi Politik Di Indonesia. Jurnal Yuridis, 6(2), 55.

KiaiTanjung (2017) Jagat Kiai Tanjung, Jatayu Pomosda Nganjuk Maani, Karjuni Dt (2011).

Teori ACTORS dalam Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal DEMOKRASI Vol. X No. 1

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nimrah dan Sakaria, S., Kunci, K., & Budaya Patriarki, dan. (2015). Perempuan Dan Budaya Patriarki Dalam Politik (Studi Kasus Kegagalan Caleg Perempuan Dalam Pemilu Legislative 2014 ). The POLITICS: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 1(2), 2407–9138.

Perempuan, C. J. (2004). Pemikiran dan Gerakan Perempuan di Indonesia.

–5.

Prantiasih, A. (2014). Reposisi Peran dan Fungsi Perempuan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 27(1), 1–6.

RAHMAHARYATI, A., WIBHAWA, B., & NURWATI, N. (2017). Peran Ganda Buruh Perempuan Sektor Industri Dalam Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 230–234.

Saputra, H. A., Mutiarin, D., & Nurmandi, A. (2020). Analisis Wacana Partisipasi Perempuan dalam Politik di Indonesia Tahun 2018 -2019. MUWAZAH: Jurnal Kajian

Gender, 110(August), 89–110.

Sarah Cook & Steve Macaulay. 1997. Perfect Empewermant. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif interaktif dan konstruktif.

Utami, S. (2019). An Nisa ‟ Jurnal Studi Gender dan Anak Eksistensi Perkembangan Perekonomian Perempuan di Era Digitalisasi. Jurnal Studi Gender Dan Anak,

(1), 596–609.

Widjajanti, K. (2011). Jurnal Ekonomi Pembangunan Model pemberdayaan masyarakat. 12.

Yuspita Widiyaningrum, W. (2020). Partisipasi Politik Kader Perempuan dalam Bidang Politik: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal JISIPOL Ilmu Pemerintahan Universitas Bale Bandung, 4(2), 126–142.

Published
2022-07-26
How to Cite
Fadeli, M., & Musyarofah, L. (2022). Analisis Teori ACTORS Peran Perempuan PGRI Jawa Timur dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 6(1), 24-38. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v6i1.4533