Pengaruh Inovasi dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran Rumah makan di kawasan Kecamatan Cigugur Desa Cisantana Kabupaten Kuningan Keunggulan bersaing sebagai variable intervening
![](https://i.ibb.co/4sq7yLG/ico2.png)
![](https://i.ibb.co/8zQW6X2/ico3.png)
Abstract
Semakin maraknya Bisnis wisata begitu pula tingginya tingkat persaingan bisnis kuliner yang di hadapi pelaku bisnis Rumah Makan Kawasan Wisata Cisantana Kabupaten Kuningan,yang terdiri dari beberapa rumah makan seperti Santana resto,Bubulak food and view, Rumah makan Pondok Pinus Palutungan, Rumah makan Stwaberry ,pada bulan November tahun 2018 –bulan Agustus 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Keunggulan bersaing dari usaha rumah makan di Cisantana Kabupaten KuninganPenelitian ini dilakukan dengan menganalisis Penelitian ini mengembangkan model teoritis berdasarkan Model Persamaan Stuktural (SEM) yang diuji menggunakan Amos 1.8 sebagai alat analisis. , Responden dari penelitian ini adalah pengunjung dan konsumen rumah makan di daerah Cisantan berjumlah 102 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, inovasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar tidak berpengaruh keunggulan bersaing, keunggulan bersaing tidak berpengaruh kinerja pemasaran, karena waktu yang sangat singkat, para peneliti membagikan kuesioner sehingga banyak responden yang tidak dapat diwawancarai secara mendalam.
References
Ferdinand, A. 2002, Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang.
Ibrahim,A.R., 2009. "The Relationship of Intellectual Capital , Innovation and Organizational Performance : a Preliminary Study in Malaysian SMEs", International Journal of Management Innovation Systems, Vol. 1, No.1, pp.1-1
Prakosa, B. 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Pembelajaran terhadap Kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris pada Industri Manufaktur di Semarang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. 2 (1)
Prasetya, D.I. 2002. Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, ISSN 1412-8527, Vol.1, No.3, Hal.219-240
Russell, S.N. & Millar, H.H., 2014. "Exploring the Relationships among Sustainable Manufacturing Practices , Business Performance and Competitive Advantage : Perspectives from a Developing Economy", Journal of Management and Sustainability ,Vol. 4, No. 3, pp.37–54.
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.