Pengaruh Leader-Member Exchange terhadap Kepuasan Komunikasi pada karyawan PT Garam (Persero)


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Leader-Member Exchange terhadap kepuasan komunikasi karyawan PT Garam (Persero) dengan menggunakan teori Leader Member Exchange oleh Liden & Maslyn, (1998) dan Satisfaction Communication menurut Mueller & Lee (2002). Kepemimpinan dimulai dengan fenomena dari sudut pandang komunikasi yaitu hubungan yang tidak merujuk pada atasan dan bawahan menurut Fairhust (2014). Hubungan atasan-bawahan dicirikan oleh tinggi dan rendah "Saling mempengaruhi dalam hal positif, loyalitas, kontribusi dan penghargaan profesional" Liden & Maslyn (1998). Dalam proses mengembangkan kualitas hubungan antara atasan dan bawahan memungkinkan akan dapat mempengaruhi hasil organisasi terutama berkaitan dengan kepuasan komunikasi (Mueller & Lee, 2002). PT. Garam (Persero) dipilih sebagai objek penelitian karena dianggap memiliki level birokrasi dan struktural yang sangat kuat dan kental dengan budaya feodalisme. Karenanya untuk memajukan perusahaan dibutuhkan komunikasi dan hubungan antara atasan dan bawahan yang tinggi. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan teknik analisis regresi berganda
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial, hubungan atasan-bawahan sangat mempengaruhi kepuasan komunikasi, hal ini dikonfirmasi oleh tingginya nilai kualitas LMX dan skor kepuasan komunikasi karyawan PT Garam (Persero). Ketika bawahan berada dalam LMX yang berkualitas tinggi, maka mereka akan dapat menikmati intensitas hubungan pertukaran informasi dan komunikasi dengan atasannya. Variabel yang dominan dalam penelitian ini memberikan kontribusi sebesar 0,312, sedangkan yang terendah adalah loyalitas 0,217. Kontribusi tertinggi menjadi harapan ketika karyawan melaksanakan perintah atasan dengan baik dan berharap akan selalu bermanfaat bagi kedua belah pihak guna membangun kepercayaan dengan atasannya di bidang profesional demi tercapainya tujuan perusahaan
References
Cheney, GC (2004). Komunikasi Organisasi di era globalisasi. USA: Wavelnd Press.
Dainton, M. (2004). Menerapkan Teori Komunikasi untuk kehidupan pribadi: Pendahuluan Praktis. London: Sage Publication Inc.
Fairhust, SL (2014). Kepemimpinan. Kepemimpinan: Perspektif Komunikatif, 10-13.
Fredric, MJ (2000). Buku Pegangan Baru dari Komunikasi Organisasi Kemajuan Dalam Teori, Penelitian dan Metode. London: Sage Publication Inc.
Liden, R. &. (1998). Jurnal Manajemen. Multidimensionalitas Pertukaran Anggota Pemimpin: Penilaian empiris melalui pengembangan skala, 43-72.
Lim, L. (2001). Jurnal Internasional Manajemen Lintas Budaya. Nilai-nilai Melayu dan Cina yang berkaitan dengan pekerjaan, 209-226.
Mardanov I, HK (2008). Pertukaran Anggota Pemimpin dan ikatan kepuasan kerja dan perkiraan pergantian karyawan. Jurnal Kepemimpinan dan studi organisasi, 159-175.
Mueller, B. &. (2002). Pertukaran Anggota Pemimpin dan Kepuasan Komunikasi Organisasi dalam Berbagai Konteks. Jurnal Komunikasi Bussines, 220 - 244.
Neuman, WL (2014). Metode Penelitian Sosial Metode Kualitatif atau Kuantitatif (Vol. VII). Inggris: Pearson Education Limited.
Oktaviani., Rooney., McKenna. & Zacher. (2015). Keluarga, feodalisme dan keegoisan: Melihat kepemimpinan Indonesia melalui lensa kebijaksanaan, 17-18
Pace Wayne. R & Faules F, D. (2001). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. (D. Mulyana, Ed.) Bandung: Remaja Rosda Karya.
Robbins, S. &. (2008). Perilaku Organisasi - Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sasongko, B. (2015, Desember 16). Membangun SDM berkualitas di PT Garam Persero. (B. Dewabrata, Pewawancara)
Sherman, KE (2012). Jurnal Kepemimpinan & Studi Organisasi. Meneliti "Exchange" di Leader-Member Exchange, Sherman, KE, Kennedy, DM, Woodard, MS, & McComb, SA (2012). Meneliti “Exchan18 (1), 1–17.
Sollitto, MM (2014). Menilai Hubungan Supervisor - bawahan yang melibatkan karyawan paruh waktu. Jurnal internasional komunikasi bisnis, 1 - 23.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian (Vol. 16). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Penenrbit Alfabeta.
Varona, F. (1996). Jurnal Komunikasi Bisnis. Hubungan antara Kepuasan Komunikasi dan Komitmen Organisasi di Tiga Organisasi Guatemala, 2-6.
Wim Van Breukelen, BS (2006). Kepemimpinan. Leader Member Exchange Teory and Research: Prestasi dan Tantangan Masa Depan.
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.