Inovasi Administrasi Perpajakan Dalam Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah (Studi Pemasangan Tapping Box Pada Pajak Hotel, Restoran Dan Hiburan Di Kota Kendari)


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi administrasi perpajakan dengan melihat pengeloiaan sumber daya manusia perpajakan yang produktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Kota Kendari telah membentuk kerjasama melalui Nota Kesepahaman (Memorandum of Unsderstanding) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Bidang Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsubgah) dan Bank Sultra. Salah satu kesepakatan yang dibangun adalah kerjasama pemasangan alat perekam pajak (tapping box) pada usaha perhotelam, restoran dan hiburan. Legalitas penerapan alat transaksi pajak ini diatur dalam Peraturan Walikota Kendari Nomor 24 Tahun 2019 tentang Pembayaran dan Pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah secara Sistem Online melalui Alat Perekam Pajak. Penerapan tapping box memberikan dampak yang sangat positif terhadap besaran jumlah penerimaan daerah dibandingkan dengan sebelum adanya pemasangan alat tersebut. Hal ini terliha pada penerimaan pajak hotel tahun 2018 sebesar Rp. 8,76 miliar meningkat menjadi Rp. 12,7 miliar pada tahun 2019. Penerimaan pajak restoran tahun 2018 sebesar Rp. 11,2 miliar menjadi Rp. 16 miliar meningkat pada tahun 2019. Kemudian penerimaan pajak hiburan pada tahun 2018 sebesar Rp. 7,2 miliar meningkat menjadi Rp. 8,5 miliar pada tahun 2019. Jumlah pemasangan tapping box di Kota Kendari juga meningkat yang awalnya 76 unit menjadi 464 unit hingga Oktober tahun 2020. Maka dari itu, perlu meningkatkan kerjasama dari berbagai pihak dalam menyelenggarakan program penerapan tapping box untuk mengoptimalkan penerimaan pajak hotel, restoran dan hiburan supaya terciptanya efektifitas dan efisiensi dalam sebuah inovasi dalam administrasi perpajakan untuk membangun sumber daya manusia perpajakan yang produktif dan berbasis digital.
References
Alami, R., Sohaei, R., Berneti, A. K. M., Younesi, A., Farnia, M., & Mirzajani, H. 2015. The Effectiveness of Human Resource Management on Improving the Performance of Education Staff. International Journal of Business and Social Science. 6 (5): 251-254.
Anggara, S. 2016. Hukum Administrasi Perpajakan. CV Pustaka Setia: Bandung.
Antonakas, N. P., Konstantopoulos, N., & Seimenis, I. 2014. Human Resource Management's Role in the Public Sector and the Level of Corruption: The Case of Greek Tax Administration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 455-462.
Azhari Aziz Samudra. 2016. Perpajakan di Indonesia: Keuangan, Pajak dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers.
Condrey, S. E. 2010. Handbook of Human Resource Management in Government. Edisi Ke-2. Jossey-Bass. San Francisco.
Darmayasa, I. G., & Setiawan, P. E. 2016. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Pada Kepaatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana. 14 (1): 226-252.
Faradiza, S. A., & Suci, K. C. 2017. Pengaruh Sosialisasi dan Komitmen Profesi Pegawai Pajak Terhadap Niat Whistleblowing. Akuntabilitas : Jurnal Ilmu Akuntansi. 10 (1): 109- 130.
Farazmand, A. 2007. Strategic Public Personnel Administration: Building and Managing Human Capital for the 21st Century Volume 1. Edisi Pertama. Praeger. Wetsport.
Fauzi, S. R. 2019. Kinerja Administrasi Pajak Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Restoran Di Kota Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.
Hansen, N. K., Güttel, W. H., & Swart, J. 2017. Human Resource Management in Dynamic Environments: Exploitative, Exploratory, and Ambidextrous HRM Architectures. The International Journal Of Human Resource Management. 1-32.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Hee, O. C., Halim, M. A., Ping, L. L., Kowang, T. O., & Fei, G. C. 2019. The Relationship between Human Resource Management Practices and Job Performance in the Courier Service Industry. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 9 (3): 63–79.
Irwan Noor. 2013. Desain Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: UB Press.
Karam, A. K. D., Yazid, M. S. A., Khatibi, A. & Azam, S. M. F. 2017. Human Resource Management And Talent Management Towards Organizational Success Of Aluminium Industry In United Arab Emirates (UAE): A Measurement Model. European Journal of Human Resource Management Studies. 1 : 1-21.
Khairunnisa. Pajak hotel dan pajak restoran sebagai sumber pendapatan asli daerah (studi kasus: kota bandung). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 22 No. 3, 2011, hlm. 227-244.
Knies, E., Boselie, P., Williams, J. G., & Vandenabeele, W. 2018. Strategic Human Resource Management and Public Sector Performance: Context Matters. The International Journal Of Human Resource Management. 1-13.
Kulla, Y., Soetjipto, B. E., & Sopiah. 2017. The Problems of Human Resource Management in Public Sector in Mimika Regency, Papua. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 7 (6): 524-537.
Leliya dan Fifi Afiyah. Efektifitas Sistem Pembayaran Pajak Daerah Online Dalam Peningkatan Pendapatan Daerah Kota Cirebon. Jurnal Al-Mustafa. Volume 4 nomor 2 (2016). hlm 158-177.
Mahadevan, A., & Mohamed, F. A. 2014. Impact Of Human Resource Management (HRM) Practices On Employee Performance (A Case Of Telekom Malaysia). International Journal of Accounting & Business Management. 2 (2): 29-42.
Ni Luh Putu Riska Suardani, dkk. Efektifitas Pelaksanaan Monitoring Pajak Derah Berbass Sistem Informasi Pada Industri Perhotelan di Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 8 Nomor 2 (2017)
Ni Putu Mitha Pratiwi dan Ni Ketut Lely Aryani. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Tapping Box Pada Kepatuhan Pajak Hotel. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Volume 2 Nomor 2. Hlm. 1357-1385.
Prabawati, I., Meirinawati., & AOktariyanda, T. 2018. Competency-Based Training Model For Human Resource Management and Development in Public Sector.
Liberti Pandiangan. 2014. Administrasi Perpajakan Pedoman bagi Wajib Pajak di Indonesia. Erlangga. Jakarta.1-6.
Pratiwi, N. P. M., & Aryani, N. K. L. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Tapping Box Pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana. 26 (2): 1357-1385.
Savilla, P., A.R, M. D., & Z.A, Zahroh. 2018. Pengaruh Administrasi Perpajakan dan Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak di KPP Pratama Malang Selatan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 55 (3): 48-54.
Susilowati, Y. 2013. Pengaruh Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Kinerja Organisasi di Industri Otomotif di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi. 12 (1): 21-39.
Yullyanti, E. 2009. Analisis Poses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 16 (3): 131-139.
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.