PENGARUH PENANGANAN KOMPLAIN TERHADAP KEPUASAN TERTANGGUNG PADA PT. ASURANSI MULTI ARTHA GUNA, TBK SURABAYA

  • Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 548 , Full Text (PDF) downloads: 614
Untitled downloads: 0

Abstract

Keberadaan asuransi bukanlah menghilangkan suatu risiko, melainkan memberikan bantuan untuk mengurangi risiko kepada pihak tertanggung yang mengalami kerugian akibat risiko. Komplain atau keluhan tertanggung bagi perusahaan asuransi akan dijadikan bentuk evalulasi diri dari kinerja yang telah dilakukan oleh perusahaan. Dengan adanya komplain atau keluhan tertanggung perusahaan asuransi dapat mengetahui kelemahan yang ada pada perusahaan dan memperbaiki kelemahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan, parsial dan dominan antara penanganan komplain yang terdiri dari keadilan prosedural, keadilan interaksional dan keadilan distributif terhadap kepuasan tertanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiasif dengan  pendekatan kuantitatif. Utuk pegumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Yang menjadi populasi dalam penelitian in adalah semua tertanggung yang pernah membeli produk atau jasa jasa asuransi di PT. Asuransi Multi Artha Guna, tbk Surabaya pada tahun 2018 yang berjumlah 1.105 tertanggung dengan karakteristik Tertanggung yang pernah melakukan transaksi asuransi lebih dari dua tahun dan telah berusia diatas 17 tahun. Dengan menggunakan rumus Slovin maka di ketahui jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 92 responden. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penanganan komplain yang terdiri dari keadilan prosedural, keadilan interaksional dan keadilan distributif dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan tertanggung. Hal ini ditunjukan dari hasil koefisien Determinan bahwa penanganan komplain yang terdiri dari keadilan prosedural, keadilan interaksional dan keadilan dsitributif sebesar 71%  terhadap kepuasan tertanggung dan 29% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan atau informasi kepada perusahaan bahwa dengan memperhatikan komplain tertanggung yang terdapat pada asuransi tersebut akan berpengaruh terhadap kepuasan tertanggung

References

Abdul Kodir, Muhammad. 1999. Hukum Asuransi Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Abdul Majid, Suharto. 2009. Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi.
Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnes, J. G. 2003. Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi


Christoper, L. Jochen, W., Mussry, J. 2010. Pemasaran Jasa – Prespektif Indonesia, Jilid 2
Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Djojosoedarso, Soeisno. 1994. Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi.
Jakarta: Salemba Empat Cetakan ke I.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 24. Semarang:
Universitas Dipponegoro.

Hadi, Setia Tunggal. 2005. Dasar-Dasar Asuransi. Jakarta: Harvarindo.

Handayani. 2001. Pengertian Premi Asuransi, Polis Asuransi, Klaim Asuransi,
Underwriting Tertanggung. Bandung: Djambatan.

Irawan, Handi. 2008. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Junaedy. 2013. Hukum Asuransi Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler. 1997. Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Prehalindo.

Kotler & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIALAN Press.

Man Suparman & Endang. 2003. Hukum Asuransi, Perlindungan Tertanggung Asuransi
Deposito Usaha Perasuransian. Bandung: PT. Alumni.

Pemerintahan Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 Usaha Perasuransian.

Rastuti. 2011. Aspek Hukum Perjanjian Asuransi. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Salim, H. A. Abbas. 2007. Asuransi dan Manajemen Risiko, Edisi ke 2. Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konseumen. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1. Bandung: CV Alfabeta.

Suharyadi & Purwanto. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sunyoto. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, Fandy. 1999. Kepuasan Dalam Pelayanan. Jakarta: Salemba Empat.

. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: BFPE.

. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian.
Yogyakarta: CV Andi Offset.

Zemit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Published
2021-01-08
Section
Articles