PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CORPORATE REPUTATION, WORD OF MOUTH DAN CUSTOMER TRUST

(STUDI DI PT PETROKIMIA GRESIK)

  • Jawad Farisi Airlangga University
  • Gancar Candra Premananto Airlangga University
Abstract views: 138 , Full Text (PDF) downloads: 118
Keywords: Corporate Social Responsibility, Corporate Reputation, Word of Mouth, Customer Trust

Abstract

Pada akhir tahun 2019 yang lalu mulai terjadi pandemi global yang menghantam seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Hal ini rupanya turut mempengaruh indeks kepercayan konsumen. Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah seiring melemahnya penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja yang menurun. Adanya problematika terkait penurunan tingkat kepercayaan konsumen tersebut akan sangat merugikan bagi perusahaan apabila tidak segera di pikirkan solusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility terhadap corporate reputation, word of mouth dan customer trust serta pengaruh corporate reputation dan word of mouth terhadap customer trust.

Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan jenis jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian kausal. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen PT Petrokimia Gresik (PG) yang berjumlah 344 orang, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 185 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial, yaitu analisis yang ditujukan untuk membuktikan hipotesis dengan menggunakan structural equation modelling – AMOS.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa corporate social responsibility memberikan pengaruh yang signifikan terhadap corporate reputation, word of mouth dan consumer trust. Kemudian corporate reputation dan word of mouth juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap consumer trust.

Author Biography

Jawad Farisi, Airlangga University

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Aisyah, D. & Engriani, Y., 2019. Pengaruh Reputasi, Kualitas Informasi, dan e-WOM terhadap Minat Beli pada Situs Jual Beli Online Tokopedia yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(4), pp. 48-59.
Apsari, V., 2020. Peran Kepercayaan sebagai Mediasi Pengaruh e-WOM Negatif terhadap Niat Beli pada e-Commerce JD.ID. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), pp. 332-341.
Babbie, E. R., 2017. The Basics of Social Research. 7th ed. Boston, MA: Cengage Learning.
Bank Indonesia, 2020. Survei Konsumen Agustus 2020 : Keyakinan Konsumen Terus Membaik. [Online]
Available at: https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Survei-Konsumen-Agustus-2020-Keyakinan-Konsumen-Terus-Membaik.aspx#:~:text=Survei%20Konsumen%20Bank%20Indonesia%20pada,Juli%202020%20sebesar%2086%2C2.
[Accessed November 2020].
Bentler, P. M., & Chou, C. P. (1987). Practical Issues In Structural Modelling. Sociological Methods & Research, 1(6), 78-117.
Birkhaeuer, J. et al., 2017. Trust in the Health Care Professional and Health Outcome:A Meta-analysis. PLoSONE, 12(2), pp. 1-13.
Chairani, D., 2019. Kepercayaan Kunci Penting Kesuksessan Sebuah Bisnis. [Online]
Available at: https://www.tribunnews.com/bisnis/2019/04/10/kepercayaan-kunci-penting-kesuksessan-sebuah-bisnis#:~:text=sangat%20mahal%20harganya.-,Tanpa%20kepercayaan%2C%20belun%20tentu%20bisnis%20yang%20dijalankan%20akan%20berjalan%20dengan,baik%20dan%20menjadi%20lebi
[Accessed November 2020].
Chomvilailuk, R. & Butcher, K., 2016. Evaluating the Effect of Corporate Social Responsibility Communication on Mobile Telephone Customers. Journal of Retailing and Consumer Services, 3(3), pp. 164-170.
Devlin, J. F., Ennew, C. T., Sekhon, H. S. & Roy, S. K., 2015. Trust in Financial Services: Retrospect and Prospect. Journal of Financial Services Marketing, 20(4), pp. 234-245.
Fajrina, R. S., 2012. Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Komunikasi Word-Of –Mouth, Jakarta: Universitas Indonesia.
Garcia-Madariaga, J. & Rodriguez-Rivera, F., 2017. Corporate Social Responsibility, Customer Satisfaction, Corporate Reputation, and Firms’ Market Value: Evidance from the Automobile Industry. Spanish Journal of Marketing, 2(1), pp. 1-15.
Gille, F., Smith, S. & Mays, N., 2015. Why Public Trust in Health Care Systems Matters and Deserves Greater Research Attention. Journal of Health Services Research & Policy, 20(1), pp. 62-54.
Hadyarti, V. & Mahsin, T. M., 2019. Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Good Corporate Governance (GCG) Sebagai Indikator Dalam Menilai Nilai Perusahaan. Jurnal Kompetensi, 13(1), pp. 17-33.
Hair, Jr., J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. 1998. Multivariate Data
Analysis. 6th Edition, New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
Ismoyo, B., 2020. Bantu Berbagai Sektor di Tengah Pandemi, Petrokimia Salurkan Bantuan Hingga Rp7,9 Miliar. [Online]
Available at: https://www.wartaekonomi.co.id/read285354/bantu-berbagai-sektor-di-tengah-pandemi-petrokimia-salurkan-bantuan-hingga-rp79-miliar
[Accessed November 2020].
Jalilvand, M. R. et al., 2017. Social Responsibility Influence on Customer Trust in Hotels: Mediating Effects of Reputation and Word-of-Mouth. Tourism Review, 72(1), pp. 1-19.
Joesyiana, K., 2018. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Media Online Shop Shopee di Pekan Baru. Jurnal Valuta, 4(1), pp. 71-85.
Lee, J. N. & Choi, B., 2011. Efects of Initial and Ongoing Trust in IT Outsourcing: A Bilateral Perspective. Information & Management, 4(8), pp. 96-105.
Newman, A. et al., 2018. How do Industrial Relations Climate and Union Instrumentality Enhance employee Performance? The Mediating Effects of Perceived Job Security and Trust in Management. Willey - Humman Resource Management, 10(2), pp. 1-10.
Nugroho, I. S. & Santia, T., 2020. Akibat Pandemi, Indeks Kepercayaan Konsumen Turun Drastis di Kuartal II 2020. [Online]
Available at: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4340037/akibat-pandemi-indeks-kepercayaan-konsumen-turun-drastis-di-kuartal-ii-2020
[Accessed November 2020].
Purbohastuti, A. W., Bhakti, W. N. & Widikusyanto, M. J., 2018. Memenangkan Loyalitas Pelanggan Melalui Corporate Social Responsibility Di Pasar Air Minum Kemasan. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), pp. 1-15.
Riyanto, S. & Hatmawan, A. A., 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: DeePublish Publisher.
Sabatini, K. & Sudana, I. P., 2019. Pengaruh Pengungkapan C orporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 14(1), pp. 56-69.
Sadeghi, A., Ghujali, T. & Bastam, H., 2018. The Effect of Organisational Reputation on E-loyalty: The Roles of E-trust and E-satisfaction. Asean Marketing Journal, 10(1), pp. 1-16.
Sigfusson, T. & Harris, S., 2012. The Relationship Formation Paths of International Entrepreneurs. Journal of International Entrepreneurship , 10(4), pp. 325-349.
Suharyani, R., Ulum, I. & Jati, A. W., 2019. Pengaruh Tekanan Stakeholder dan Corporate Governance terhadap Kualitas Sustainibility Report. Jurnal Akademi Akuntansi, 2(1), pp. 71-92.
Vo, T. T., Xiao, X. & Ho, S. Y., 2017. How Does Corporate Social Responsibility Engagement Influence Word of Mouth on Twitter? Evidence from the Airline Industry. Journal Bussiness Ethics, 10(7), pp. 1-18.
Yuniar, R. W., 2020. "Resesi di depan mata", petani "paling terdampak" harus hadapi "harga yang hancur". [Online]
Available at: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53670116
[Accessed November 2020].
Published
2022-07-26
Section
Articles