STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS KOMODITAS LOKAL DESA KARE KECAMATAN KARE KABUPATEN MADIUN


Abstract
Analisis situasi. Desa Kare merupakan daerah berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk dan Kediri. Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun adalah salah satu desa yang jaraknya sekitar 24 km dari pusat kota atau alun-alun Kota Madiun. Hasil bumi utamanya berasal dari sektor pertanian dan perkebunan. Komoditas utama perkebunannya meliputi kopi, cengkeh, dan coklat. Adapun Potensi Wisata alam biasanya yang lebih banyak ada di derah Pedesaan seperti halnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Komoditas Lokal apa saja yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik Ekowisata di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun? 2. Bagaimana Strategi untuk mengembangkan Ekowisata yang berbasis Komoditas Lokal di Desa Kare Kabupaten Madiun? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Komoditas/Potensi Lokal apa saja, yang dapat dikembangkan sebagai daya Tarik Eko Wisata di Desa Kare dan untuk mengetahui Strategi pengembangan Ekowisata yang berbasis Komoditas Lokal di Desa kare kabupaten Madiun. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif denga jenis data nominal. Hasil analisis menggunakan SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan strategi terbesar pada rangking 1) Streghts Opportunities (SO) dengan nilai matrik sebesar 3,46, Preoritas Strategi adalah Growt dengan Strategi Agresif 2) Weakneses Opportunities dengan nilai matrik sebesar 2,83, Rangking 2 Preoritas Strategi Kombinasi, Strategi Deversifikasi 3) Strenghts Threats (ST) dengan nilai matrik sebesar 2,36, Rangking 3 Strategi Penciutan dengan Strategi Turnaround 4) Weaknesses Threats (WT) dengan nilai matrik 1,93. Preoritas Strategi Penciutan dengan Strategi Defensif . Hasil analisis posisi menunjukkann Desa Kare berada pada kuadran I yang menunjukkan bahwa Pengembangan Ekowisata Berbasis Komoditas Lokal memiliki kekuatan dan peluang sehingga dengan memanfaatkan peluang yang ada.
References
Dwi Bhakti Iriantini, Markus Patiung, Soemaryono dan Kholidiah, Identifikasi Komoditi Unggulan Sektor Ekonomi Kabupaten Madiun, Jurnal Pemerintahan, Pembangunan dan Inovasi Daerah, Vol. 1, No. 2, Desember 2019, Hal 119-132,
Jurnal infokop no 25. Tahun 2015
Kotler, Philip and keller, kevin, (2009). Management pemasara. Edisi tiga belas jilid 1. Jakarta: PT. Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad, 2009”Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah dan Kebijakan”, UPP AMP YKPN, Yogyakarta
Nawawi, Hadari. 2009. “Metode Penlitian Bidang Sosial”. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Peraturan Menteri BUMN No. PER-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan
Radiosunu “ Manajemen Pemasaran “ Penerbit : BPFE UGM Tahun 2001
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D”, Cetakan ke-15 Bandung : Alfabeta
Sukirno Sadono, 2010 “Ekonomi Pembangunan” Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Tjiptono, Fandy 2015 . strategi pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Andi offset
Todaro, Michael P & Smith, Stephen C, 2014.Pembangunan Ekonomi di Dunia ketiga” Erlangga, Jakar
Tikson, Dedi. 2009. Teori Pembangunan Indonesia Malaysia dan Thailand: Keterbatasan dan Ketergantungan: Makasar: Inninnawa
Widia Kurniasih, Komoditas pengertian tipe dan tujuan , Gramedia Blog 2020
Qomariah Ekowisata , Dinas Pariwisata
Copyright (c) 2022 Ni Made Ida Pratiwi, Sri Andayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.