Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Bukit Amaish Café dan Resto di Parepare Sulawesi Selatan
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bukit Amaish Café dan Resto di Parepare Sulawesi Selatan, dari penelitian ini memakai jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Responden dari penelitian ini berjumlah sebanyak 41 responden yang merupakan pengunjung Bukit Amaish Café dan Resto. Teknik ini menggunakan sampling incidental dalam menggunakan responden, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil uji signifikan F menujukkan hasil perhitungan F hitung > F tabel (11,124 > 3,245) dengan diperoleh nilai sig (0,000 < 0,05) maka secara simultan (bersama-sama) variabel independen harga dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Bukit Amaish Café dan Resto. Uji signifikasi parsial harga menjelaskan bahwa nilai t hitung < t tabel (1,293 < 2,024) dengan signifikan 0,204 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya hipotesis menunjukkan hasil harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. uji signifikasi parsial variabel lokasi diperoleh hasil nilai t hitung = 2.066 yang artinya t hitung > t tabel (2,066 > 2,024) dengan signifikan 0,046 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis diterima karna menunjukkan hasil lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Bukit Amaish Café dan Resto.
References
Amstrong dan Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran. Prehalindo. Jakarta
Arikunto, S. 2010. Prosedure Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Basu Swastha. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Buchari Alma. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Fandy Tjiptono. 2016. Strategi Pemasaran (edisi 4). Andi. Yogyakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi 12 . Erlangga. Jakarta.
Schiffman dan Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi kedua. PT. Indeks Gramedia. Jakarta.
Ujang Suwarman. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia. Bogor.
Copyright (c) 2023 Damajanti Sri Lestari, Fedianty Augustinah, Liling Listyawati, Kasmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.