Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Bukit Amaish Café dan Resto di Parepare Sulawesi Selatan

  • Damajanti Sri Lestari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo
  • Fedianty Augustinah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Liling Listyawati Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Kasmawati Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 67 , Full Text (PDF) downloads: 63

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bukit Amaish Café dan Resto di Parepare Sulawesi Selatan, dari penelitian ini memakai jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Responden dari penelitian ini berjumlah sebanyak 41 responden yang merupakan pengunjung Bukit Amaish Café dan Resto. Teknik ini menggunakan sampling incidental dalam menggunakan responden, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil uji signifikan F menujukkan hasil perhitungan F hitung > F tabel (11,124 > 3,245) dengan diperoleh nilai sig (0,000 < 0,05) maka secara simultan (bersama-sama) variabel independen harga dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Bukit Amaish Café dan Resto. Uji signifikasi parsial harga menjelaskan bahwa nilai t hitung < t tabel (1,293 < 2,024) dengan signifikan 0,204 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya hipotesis menunjukkan hasil harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. uji signifikasi parsial variabel lokasi diperoleh hasil nilai t hitung = 2.066 yang artinya t hitung > t tabel (2,066 > 2,024) dengan signifikan 0,046 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis diterima karna menunjukkan hasil lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Bukit Amaish Café dan Resto.

References

Agustina Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press. Malang.
Amstrong dan Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran. Prehalindo. Jakarta
Arikunto, S. 2010. Prosedure Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Basu Swastha. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Buchari Alma. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Fandy Tjiptono. 2016. Strategi Pemasaran (edisi 4). Andi. Yogyakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi 12 . Erlangga. Jakarta.
Schiffman dan Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi kedua. PT. Indeks Gramedia. Jakarta.
Ujang Suwarman. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia. Bogor.
Published
2023-12-31
Section
Articles