Kepuasan Pelanggan Terhadap Administrasi Lingkungan Ditinjau dari Kebersihan Pasar Tradisional di Kabupaten Sidoarjo



Abstract
Kebersihan pasar tradisional tidak terlepas dari sampah-sampah yang terlihat disekitar pasar.Sampah yang kelihatan berserakan, tidak rapi, dan belum dikelola dengan baik, sehingga menimbulkan persepsi masyarakat terhadap pasar tradisional berstigma negatif seperti kumuh, kotor, semrawut, bau, sampah berceceran. Persepsi masyarakat seharusnya secara perlahan-lahan dapat diubah menjadi positif apabila melihat perubahan sebuah pasar tradisional bersih, khas, unik, dan menarik. Hasil peneliltian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai kepuasan pada pasar tradisional Bluru Permai, Kemiri, dan Buduran yang diperoleh adalah hampir mendekati cukup puas, belum mencapai nilai 3 (cukup puas), untuk menunjang kebersihan pasar tradisional perlu kerjasama semua pihak yang berada di pasar tradisional yaitu pemerintah, staf P & D Pasar, penjual, pembeli untuk bersama-sama membangun, memelihara, merawat dan menjaga kebersihan pasar. Diperlukan edukasi terhadap semua orang yang berada di pasar dengan cara memasang banner-banner, dan untuk lebih menertibkan kebersihan pasar diperlukan sangsi. Suasana sebuah pasar yang berbeda tetapi mempunyai kesan yang nyaman dengan keasrian, keteduhan, hijau dan indah, maka sesuai hasil penelitian didapatkan bahwa di pasar tradisional perlu dibuatkan taman-taman hijau, sehingga ke depan kota Sidoarjo akan mempunyai pasar tradisional yang bersih, asri, hijau, sehat, unik dan menarik untuk menjadikan sebuah kota tujuan wisata.
Kata Kunci : Kepuasan, Administrasi Lingkungan, Pasar Tradisional
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.