Struktur Wacana dalam Iklan Bukalapak (Teori Van Dijk)

  • Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Madura
  • Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Madura
Abstract views: 1477 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1535

Abstract

Berbelanja online atau daring telah menjadi gaya hidup masyarat modern. Hal itu tidak terlepas dari berbagai kecanggihan teknologi.Situs jual beli online seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak bersaing untuk memasarkan produk-produknya.Hal itu tentu membutuhkan strategi yang jitu. Salah satu cara memasarkan produk dan mudah dikenali masyarakat, yaitu dengan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah struktur wacana dari salah satu iklan yang menarik, yaitu “Bukalapak” dengan menggunakan teori van Dijk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.  Teknik analisis data dilakukan secara dokumentasi. Objek penelitian ini adalah iklan “Bukalapak”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa superstruktur, yang terdiri dari struktur headline (kepala iklan), ilustration (ilustrasi), body copy (isi iklan), dan signature (logo). Kedua, struktur mikro yang terdiri dari unsur verbal dan non verbal. Ketiga, struktur makro, yang terdiri dari unsur makna iklan dan pesan iklan.Berdasarkan dari hasil penelitian, struktur wacana iklan “Bukalapak” telah menggunakan struktur wacana iklan yang lengkap, sehingga memudahkan pembaca untuk mengenali produk yang ditawarkan.

Author Biography

, Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Madura
Asisten Ahli/ III B

References

Adi, E. P. 2016. Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, dan Kualitas Pesan Iklan terhadap Efektivitas Iklan Televisi Aqua “Versi Ada Aqua”. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik E-Commerce 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Brata, Indra. 2017. Analisis Iklan Rumah Spa dan Salon Kecantikan di Kecamatan Ubud. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa. Di unduh dari https://r2fejournal.warmad pada tanggal 11 Mei 2020 pukul 23.36.
Fairclough, Norman. 1989. Language and Power. London and New York: Longman.
Gee, J. P. 1999. An introduction to Discourse Analysis Theory and Method, London and New York: Routledge.
Goddard, Angela. 2002. The Language of Advertising (Written Texts Second Edition). London and New York: Routledge.
https://inet.detik.com/cyberlife/d-4906129/53-penduduk-indonesia-sudah-belanja-online (diakses pada 15 Mei 2020)
https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia (diakses pada 15 Mei 2020)
Imam, Ahmad Fachruddin. 2012. “Analisis Wacana Van Dijk pada Lirik Lagu Irgaa Tani (My Heart Will Go on)”. Journal of Arabic Learning Teaching, vol. 1, no. 1. Universitas Negeri Semarang.
Karman. 2017. "Internet Technology Disruption and the Print Media Exictence-Disruptif Teknologi Internet Dan Eksistensi Media Cetak." Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 21.2.
Leech, Geoffrey N. 1966. English in Advertising: A Linguistic Study of Advertising in Great Britain. London and New York: Longman.
Sahmeni, Emi dan Nur Afifah. 2019. Using Critical Discourse Analysis (CDA) in Media Discourse Studies: Unmask the Mass Media. Journal of Research and Innovation in Language, 1(2): 39—45.
Sullivan, J. L. 2013. Media Audiences, Effects, Users, Institutions, and Power (1st ed.). LA: Sage Publication, Inc.
Van Dijk, T. A. 2015. The Handbook of Discourse Analysis, 2nd ed. John Wiley & Sons Inc.
Van Dijk, T.A.(1980). Macrostructures: An interdisciplinary study of global structure in discourse, interaction, and cognition. New Jersey.
Published
2020-11-26
How to Cite
, & . (2020). Struktur Wacana dalam Iklan Bukalapak (Teori Van Dijk). Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 127-141. https://doi.org/10.25139/fn.v3i2.2827
Section
Articles