Teknik Persuasif pada Paidpromote Produk di Instagram Fanbase K-Pop Indonesia


Abstract
Penelitian ini dibuat untuk menjelaskan teknik persuasif yang digunakan dalam promosi produk berbayar di instagram fanbase K-POP Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah semua tulisan pada caption yang tertera pada unggahan produk yang diiklankan di Instagram. Sumber data penelitian ini diambil dari iklan produk yang diunggah ke akun fanbase KPOP Indonesia di Instagram. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dilakukan screenshot iklan di akun fanbase KPOP Indonesia. Hasil studi Promosikan Produk Berbayar di Instagram Fanbase K-POP Indonesia didapatkan semua teknik yang dijelaskan oleh Keraf (2007). Teknik persuasif tersebut adalah teknik sugesti, teknik substitusi, teknik konformitas, teknik rasionalisasi, teknik identifikasi, teknik kompensasi, dan teknik proyeksi.
References
A Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group
Aprilia, Helsa, dkk. 2019. Persuasif Pada Spanduk Pilkada di Kabupaten Merangin Tahun 2017-2018.http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/download/196/123/ Diunduh pada 29 Desember 2019
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.
Budiman, Arif. 2006. Kebebasan, Negara, Pembangunan. Jakarta: Pustaka Alvabet
Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Chandra, Harini, dkk, 2017. Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa. Yogyakata: Penerbit Andi
CNNIndonesia. Penggemar Hallyu di Dunia Hampir Tembus 90 Juta Orang. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20190110173339-241-359969/penggemar-hallyu-di-dunia-hampir-tembus-90-juta-orangDiunduh pada 14 April 2019
Enterprise, Jubilee. 2012. Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Wacana Teks Media. Yogyakarta: IKIS
Gunarsa, Singgih D. 2004. Dari Anak Sampai Usia Lanjut: Bunga Rampai Psikologi Anak Seri Psikologi. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Ideaworks. 2019. Digital Advertising.http://ideoworks.id/services/campaign/digital-advertisingDiunduh pada 14 April 2019
Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kasanova, Ria. 2016. Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Iklanhttp://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_komposisi/article/view/122Diunduh pada 29 Desember 2019
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Marwoto dkk. 1987. Komposisi Praktis Yogyakarta: Hanindita.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group
Muljono, Ryan K. 2018. Digital Marketing Concept Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk Membuat Perubahan Besar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Nasdian, Fredian Tonny. 2015. Sosiologi Umum. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Nugroho. A. 2015. Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Spanduk Kampanye Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 Kota Yogyakarta. eprints.uny.ac.id/26781/1/SKRIPSI%20Angga%20Nugroho.pdf, diunduh pada 8 Maret 2019
Kusrianti, Anik, Siminto, Agnes Adhani, dkk. 2004. Analisis Wacana. Bandung: PT. Intan Sejati
Wikipedia. 2019. Instagram.https://id.wikipedia.org/wiki/InstagramDiunduh pada 14 April 2019
Wikipedia. 2019. K-Pop.https://id.wikipedia.org/wiki/K-popDiunduh pada 14 April 2019
Aprilia, Helsa, dkk. 2019. Persuasif Pada Spanduk Pilkada di Kabupaten Merangin Tahun 2017-2018.http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/download/196/123/ Diunduh pada 29 Desember 2019
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.
Budiman, Arif. 2006. Kebebasan, Negara, Pembangunan. Jakarta: Pustaka Alvabet
Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Chandra, Harini, dkk, 2017. Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa. Yogyakata: Penerbit Andi
CNNIndonesia. Penggemar Hallyu di Dunia Hampir Tembus 90 Juta Orang. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20190110173339-241-359969/penggemar-hallyu-di-dunia-hampir-tembus-90-juta-orangDiunduh pada 14 April 2019
Enterprise, Jubilee. 2012. Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Wacana Teks Media. Yogyakarta: IKIS
Gunarsa, Singgih D. 2004. Dari Anak Sampai Usia Lanjut: Bunga Rampai Psikologi Anak Seri Psikologi. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Ideaworks. 2019. Digital Advertising.http://ideoworks.id/services/campaign/digital-advertisingDiunduh pada 14 April 2019
Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kasanova, Ria. 2016. Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Iklanhttp://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_komposisi/article/view/122Diunduh pada 29 Desember 2019
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Marwoto dkk. 1987. Komposisi Praktis Yogyakarta: Hanindita.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group
Muljono, Ryan K. 2018. Digital Marketing Concept Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk Membuat Perubahan Besar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Nasdian, Fredian Tonny. 2015. Sosiologi Umum. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Nugroho. A. 2015. Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Spanduk Kampanye Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 Kota Yogyakarta. eprints.uny.ac.id/26781/1/SKRIPSI%20Angga%20Nugroho.pdf, diunduh pada 8 Maret 2019
Kusrianti, Anik, Siminto, Agnes Adhani, dkk. 2004. Analisis Wacana. Bandung: PT. Intan Sejati
Wikipedia. 2019. Instagram.https://id.wikipedia.org/wiki/InstagramDiunduh pada 14 April 2019
Wikipedia. 2019. K-Pop.https://id.wikipedia.org/wiki/K-popDiunduh pada 14 April 2019
Published
2020-11-26
How to Cite
Kulup, L. I., & Nursafitri, A. (2020). Teknik Persuasif pada Paidpromote Produk di Instagram Fanbase K-Pop Indonesia. Jurnal Ilmiah FONEMA, 3(2), 142-153. https://doi.org/10.25139/fn.v3i2.2969
Issue
Section
Articles

Jurnal Ilmiah Fonema by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.