Penggunaan Dieksis Sopan Santun Mahasiswa Universitas Iqra Buru

  • Universitas Iqra Buru
  • Universitas Iqra Buru
  • Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Universitas Iqra Buru
  • Universitas Iqra Buru
Abstract views: 925 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 734
Tidak berjudul (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

Bahasa sebagai cerminan ekspresi verbal dalam berkomunikasi. Komunikasi bentuk verbal merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat diperlukan untuk berkomunikasi. Berbicara merupakan kepandaian manusia untuk mengeluarkan suara dan menyampaikan pendapat melalui pikirannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk tindak tutur mahasiswa Universitas Iqra Buru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2018. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, rekam, dan catat. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan pendekatan pragmatik yaitu dengan menganalisis hasil percakapan penggunaan tindak tutur kesopanan pada mahasiswa Universitas iqra Buru angkatan 2018. Hasil penelitian ditemukan tiga bentuk tindak tutur yakni tindak tutur lokusi, Ilokusi dan Perlokusi. Mahasiswa yang menuturkan tindak tutur Lokusi adalah sebanyak 11 kali tuturan Selanjutnya mahasiswa yang menuturkan tindak tutur Ilokusi sebanyak 18 dan mahasiswa yang menuturkan tindak tutur Perlokusi sebanyak 12 tuturan. Selanjutnya deiksis yang terdapat pada tuturan mahasiswa universitas Iqra Buru adalah deiksis persona pertama tunggal, persona kedua jamak, deiksis waktu, dan deiksis tempat. 

References

Aminuddin, A. P. L. (2016). Deiksis dalam Novel Tembang Ilalang Karya Md. Aminudin. Jurnal Bastra, 3(3), 1–26.
Austin, J.L. 2005 How to Do Things With Words.New York : Oxford Universityn Press.
Iye, R., 2018. Tuturan dalam Prosesi Lamaran Pernikahan di Tomia Kabupaten Wakatobi. Jurnal Totobuang, 6(2).
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta : Universitas Indonesia.
Muhyidin, A. (2019). DEIKSIS DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA. Metalingua, 17(1), 45–46.
Oktavianus dan Revita, Ike. 2013. Kesantunan Dalam Bahasa Minangkabau. Padang: Minangkabau Press.
Sam, B., Iye, R., Ohoibor, M., Umanailo, M.C.B., Rusdi, M., Rahman, A.B.D. and Hajar, I., 2019. Female Feminism in the Customary Island of Buru. Int. J. Sci. Technol. Res, 8(8), pp.1877-1880.
Salamun, T., 2018. DEIKSIS PERSONA BAHASA INDONESIA DIALEK AMBON [Personal Deixes of Indonesian Leanguage With Ambonese Dialect]. Totobuang, 5, pp.325-339.
Searle, J. R. 1969. Speech Act. London: Cambridge University Press
Subroto, Suryo. 1997. Proses Belajar Mengajar di sekolah. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA
Susiati, S., 2018. Homonim bahasa kepulauan tukang besi dialek kaledupa di kabupaten wakatobi [the homonymon of tukang besi island languange in kaledupa dialect at wakatobi regency]. Totobuang, 6 (1), 109, 123.
Published
2020-11-26
How to Cite
, , , , & . (2020). Penggunaan Dieksis Sopan Santun Mahasiswa Universitas Iqra Buru. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 154-164. https://doi.org/10.25139/fn.v3i2.3084
Section
Articles