Nilai Moral dan Patriorik pada Lirik Lagu Bonek sebagai Motivasi Permainan Persebaya di Lapangan

  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
  • Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 203 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 142

Abstract

Lirik lagu adalah salah satu karya sastra berupa puisi yang dinyanyikan, lagu adalah puisi yang merupakan sebuah bentuk karya sastra dengan pemilihan kata yang indah dan terikat dengan unsur irama, ritma, diksi dan gaya bahasa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Nilai Moral, nilai patriotik dan lirik motivasi yang ada pada lirik lagu Bonek, Nilai patriotik yang ada pada lirik lagu Bonek untuk mengetahui nilai-nilai kepahlawanan yang ada pada Lirik Lagu tersebut untuk mengetahui nilai-nilai patriotisme yang terkandung yaitu keberanian, rela berkorban, pantang menyerah, kesetiakawanan sosial dan percaya diri. Jenis Penelitian ini adalahah penelitian kualitatif. Penelitian dengan menggunakan metode ini menekankan pada interprerasi dalam menulis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adaah teknik dokumentasi yaitu teknik pencarian data melalui arsip-arsip buku-buku, gambar dan video yang berkaitan dengan objek penelitian, teknik simak catat dilaksanakan dengan cara menyimak video secara berulang-ulang kemudian dicatat keseluruhan lirik lagu yang dinyanyikan Bonek Mania dan teknik observasi digunakan untuk melihat dan mengamati secara langsung objek penelitian, sehingga peneliti mampu mencatatat dan menghimpun data yang diperlukan untuk mengungkap penelitian yang dilakukan. Teknik Hasil penelitian ini menemukan beberapa nilai moral, nilai patriotik, dan kata-kata motivasi pada lirik lagu bonek.

References

Abd. Rahim Abd. Rashid. 2004. Patriotisme: Agenda Pembinaan Bangsa. KualaLumpur: Utusan Publications.

Ahmad, Amin (1995). Etika (Ilmu akhlak). Jakara : Bulan Bintang

Awe, Mokoo.2003.Nyanyian ditengah kegelapan.Yogyakarta:Ombak.

Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama

Suseno, Franz Magnis. 2003. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafah tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Cetakan Kesembilan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Suseno, Franz Magnis. 2003. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafah tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Cetakan Kesembilan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Pradopo, Rachmad Djoko. 1987. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Waluyo, Herman J. 2002. Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widyasari Press

Wallek & Waren.1989.Teori Kesusastraan.Jakarta:PT Gramedia.
Published
2021-04-27
How to Cite
, , & . (2021). Nilai Moral dan Patriorik pada Lirik Lagu Bonek sebagai Motivasi Permainan Persebaya di Lapangan. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 18-31. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3096
Section
Articles