Penggunaan Permainan Edukatif “Memancing Magnet Baca” Pada Pendidikan Anak Usia Dini


Abstract
Salah satu materi pembelajaran yang diberikan di Taman kanak-kanak adalah pengenalan huruf, sebagai upaya mempersiapkan siswa dalam memasuki Sekolah Dasar. Selama masa pandemi, siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran, karena pembelajaran dilakukan melalui daring. Oleh karena itu, alat permainan edukatif yang dipakai merupakan hal yang penting dalam mendukung materi pembelajaran yang diberikan, misalnya Alat Permainan Edukatif Memancing Magnet Baca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam membaca siswa dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE) “Memancing Magnet Baca”. Metode pengambilan data menggunakan pre-experiment dengan melakukan observasi dan wawancara dalam pengambilan datanya. Analisi data dilakukan dengan uji t, hasilnya nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.000.Hasil dari penelitian ini adalah Alat permainan edukasi yang bernama “Memancing Magnet Baca” dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca di TK X Surabaya.
References
Hani, A.A. 2019. Evaluasi Pembelajaran pada PAUD. Jurnal Care, Vol. 7 no. 1, Juli 2019.
Ningsih, T. 2018. Pengembangan Alat Permainan Edukatif “kartu baca ngaji asyik” untuk anak usia dini Di Tk Aisyiyah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jurnal Penelitian Agama, 17(2), 199-215
Nugraha, Ali. 2010. Evaluasi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Indonesia. Bahan ajar.
Rahman, S.A. 2010. Alat Permainan Edukatif Untuk Program PAUD. Palu: Tadulako University Press
Rusydie, Salman. 2011. Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Tedjasaputra, Mayke S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo
Winataputra, Udin S. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Jurnal Ilmiah Fonema by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.