Pengaruh Self-efficacy Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik SMK Bakti Indonesia Medika

  • Widiyanto Rhamandani SMK Bakti Indonesia Medika Jombang
  • Lusianah Meinawati Program Studi D3 Kebidanan Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang
Abstract views: 87 , pdf downloads: 61
Keywords: Self-efficacy, Perencanaan Karir, Peserta Didik

Abstract

Perencanaan karir yang matang dapat membantu siswa mencapai tujuannya dengan menilai kemampuan dan kebutuhan mereka, termasuk kesadaran diri, pengetahuan kerja, dan penalaran terkait pekerjaan. Self-efficacy mempengaruhi perencanaan karir. Penelitian ini menguji bagaimana efikasi diri mempengaruhi perencanaan karir pada siswa SMK Bakti Indonesia Medika. Studi ini bersifat retrospektif. Penelitian ini melibatkan 110 siswa SMK Bakti Indonesia Medika kelas XII dari berbagai disiplin ilmu. Pengambilan sampel bersifat total. Penyelidikan ini menggunakan skala penelitian. Faktor kognitif, motivasional, emosional, dan seleksi membentuk skala efikasi diri. Uji t parsial menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap perencanaan karir dengan nilai t sebesar 0,037 dan tingkat signifikansi sebesar 0,024 (p < 0,05). Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif terhadap perencanaan karir siswa kelas XII SMK Bakti Indonesia Medika. Sekolah, khususnya instruktur konseling, dapat menggunakan penelitian ini untuk membantu persiapan karir siswa dengan menyediakan konseling klasik dan kelompok. Sekolah terkait juga dapat memahami variabel perencanaan karir, termasuk self-efficacy, yang membentuk kepribadian.

References

Alwisol. 2007. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Arikunto Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asrori Mohammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Bandura, A. 1997. Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: Freemanand Company. Reivich, K & Shatte, A. 2002. The Resiliennce Skill For Overcaning life’s Inervitable Obtacle. New York. Broad way Books

Dewi,.R. 2017. Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Keperawatan STIKES Muhhamadiyah Lhokseumawe. Jurnal Analitika, Vol 9, No 1 hal.52-60.

Feist, J dan Feist, J.G. (2011). Teori Kepribadian. Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika. Gantina, K. 2014. Hubungan Efikasi Diri dengan kematangan karir siswa kelas XI SMKN 8 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol.3, No.2, Hal.31-37.

Harianti, A., M.S. Veronica, N, S. Setiawan dan D. Iskandar. (2012). Statistika II. Yogyakarta: Andi. Komandyahrini, E & Hawadi. (2008). Hubungan Self-

efficacy dengan Kematangan dalam Memilih Karir Siswa Program Percepatan Belajar. Jurnal Keberbakatan dan Kreatifitas,

Lazarus, Richard S & Folkman, Susan. 1984. Stress Appraisal And Coping. New York: Spring Publishing Company.

Nugraheni, I. (2012). Hubungan Antara Pusat Kendali Internal Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Kristen 1 Klaten. Emphati Jurnal. Ormrod, E.J.
(2009). Psikologi Pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Nurihsan, A. J. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Refika Aditama

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama.

Rahma, U,. Esti, W.R. 2018. Peran Dukungan Sosial Keluarga Dalam Membentuk Kematangan Karir Siswa SMP. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol.11, No. 3.

Santrock, J. W. 2007. Remaja, jilid 2 edisi ke-sebelas. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2008. Statistik Nonparametis untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Winkel, W.S., & Hastuti, S. 2004. Bimbingan Karir di Institusi Pendidikan. Jakarta: Media Abadi. Bandura, A. (1997). Self-efficacy, The Exercise of Control.New York: W. H. Freeman and Company.
Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
2023-11-08
How to Cite
Rhamandani, W., & Meinawati, L. (2023). Pengaruh Self-efficacy Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik SMK Bakti Indonesia Medika. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 133-140. https://doi.org/10.25139/fn.v6i2.6630
Section
Articles