Eksistensi Nilai Personal dalam Cerita Rakyat Kearifan Lokal Kediri (Kajian Sastra Anak)
Abstract
Sastra anak adalah sastra yang secara emosional psikologis dapat ditanggapi dan dipahami oleh anak, salah satunya adalah ceria rakyat. Peneliti mengkaji enam judul cerita rakyat kearifan lokal Kediri yakni Andhe-andhe Lumut, Keong Mas, Legenda Gunung Kelud, Cendelaras, Totok Kerot, dan Calon Arang. Terdapat unsur intrinsik maupun ekstrinsik dalam cerita ini yang berguna untuk membangun cerita menjadi lebih menarik. Keenam ceria rakyat ini memberikan tema yang sama yaitu tentang perjuangan, namun memiliki alur yang berbeda. Dalam penelitian ini peneliti menyoroti nilai personal yang terkandung dalam beberapa judul cerita rakyat yang telah disebutkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data baca dan catat yang menggunakan langkah-langkah berikut: membaca dan mengamati kumpulan cerita rakyat, kemudian mulai mencatat data, selanjutnya mengklasifikasi data, dan yang terakhir memasukkan data ke dalam tabel data untuk memudahkan analisis data. Hasil penelitian menggambarkan nilai personal berupa perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pekembangan rasa sosial, penumbuhan etis dan religius, sehingga dapat dijadikan teladan maupun pembelajaran untuk anak-anak.
References
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Dianti, Y. (2017). KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA SI WURAGIL DALAM BUKU CERITA RAKYAT JAWA KARYA MARDIYANTO. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Kirani, G., & Tutul, B. (2022). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. Jurnal Arkhais, 13(1), 29–36.
Kurnia, I. (2018). Mengungkap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kediri Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal PGSD, 11(1), 51–63. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.51-63
Rahmayantis, M. D., Puspitoningrum, E., & Sanjaya, F. R. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menemukan Hal-Hal Menarik Tentang Tokoh Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Kediri. WACANA : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(2), 32–49.
Sapanti, I., Apriyani, T., & Daulay, R. (2021). Pengenalan Sastra Anak untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis Anak. Puan Indonesia, 2(2), 95–102. https://doi.org/10.37296/jpi.v2i2.37
Wardani, T. D. (2018). Nilai Personal Dalam Cerita Palaya Subetnik Katingan (Personal Values in Story of Palaya From Katingan Subethnic). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 8(2), 147. https://doi.org/10.20527/jbsp.v8i2.5503
Waryanti, E., Puspitoningrum, E., Violita, D. A., & Muarifin, M. (2021). Struktur Cerita Anak Dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo Dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 12–29.
Jurnal Ilmiah Fonema by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.