Peningkatan sumber daya manusia dan optimalisasi promosi desa pabuaran menjadi destinasi wisata religi

  • Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia
  • Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia
  • Bunda Mulia University; SCOPUS ID 57209452707
  • Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia
  • Akademi Pariwisata Bunda Mulia
Abstract views: 893 , PDF downloads: 626
Untitled downloads: 0
Untitled downloads: 0

Abstract

Community Service Activities (PKM) have become part of the Tridarma of Higher Education. The Cikoleang Region, Pabuaran Village, West Java, there are houses of worship of different religions and live side by side, but the surrounding communities are still closed and unknown to others. This PKM activity provides insight into how the basic concept of a tourist village, promotion optimization of a tourist village using technology, and making food and drinks welcome and in the future is predicted to be a religious tourism village. The results of this activity are expected to be developed and implemented by local residents, in order to develop their abilities and improve the surrounding economy.

Keywords: Tourism Village; Human Resources; Promotion; Religious Tourism Destination

 

Author Biography

, Bunda Mulia University; SCOPUS ID 57209452707

References

Anwar, M. F., Hamid, D., & Topowijono. (2017). ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN WISATA RELIGI MAKAM SUNAN MAULANA MALIK IBRAHIM DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR ( Studi pada Kelurahan Gapurosukolilo Kabupaten Gresik ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 44(1), 186–193.
Atmoko, T. P. H. (2014). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA BRAJAN KABUPATEN SLEMAN. Jurnal Media Wisata, 12(November), 146–154.
Christina, & Marta, R. F. (2019). KOMUNIKASI PARIWISATA EVENT MANAGING KLUB MALAM DI JAKARTA DAN BANGKOK. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–13.
Firsty, O., & Suryasih, I. A. (2019). Strategi Pengembangan Candi Muaro Jambi Sebagai Wisata Religi Yang dimaksud pengembangan pariwisata dalam penelitian ini adalah upaya untuk mengintegrasikan aspek-aspek pariwisata demi keberlangsungan kepariwisataan. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 36–43.
Guvitha, D. R., & Suhartiningsih. (2019). PENGARUH SUBSTITUSI PUREE KACANG TUNGGAK (Vigna unguiculata L . Walp) DAN JUMLAH AIR TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK FRENCH BAGUETTE (Roti Perancis). e-journal Tata Boga, 8(1), 191–201.
Harjito, D. A., & Golda, N. (2018). KKN-PPM PENGEMBANGAN DESA WISATA SOMONGARI DI KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 03(September), 238–245.
Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105–117.
Hidayat, D. C., & Maryani, R. (2019). ANALISIS KELAYAKAN POTENSI EKOWISATA AIR TERJUN RIAM JITO DI KECAMATAN KEMBAYAN, KABUPATEN SANGGAU, KALIMANTAN BARAT. Jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, 3(1), 59–78. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Imandintar, D. D., & Idajati, H. (2019). Karakteristik Desa Wisata Religi dalam Pengembangan Desa Bejagung sebagai Sebuah Desa Wisata Religi. JURNAL TEKNIK ITS, 8(2), C47–C52.
Ismail, Titofianti, A. A., & Nurany, F. (2019). DESAIN PERSATUAN DAN KESATUAN SEBAGAI IKON DESA WISATA RELIGI DI DESA BALUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR. GOVERNANCE: Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Januarti, & Wempi, J. A. (2019). MAKNA TENUN IKAT DAYAK SINTANG DITINJAU DARI TEORI SEMIOTIKA SOSIAL THEO VAN LEEUWEN. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(1), 73–90.
Kristianto, B. R. D., & Marta, R. F. (2019a). Monetisasi Dalam Strategi Komunikasi Lintas Budaya Bayu Skak Melalui Video Blog Youtube. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.415
Kristianto, B. R. D., & Marta, R. F. (2019b). Simplifikasi Ritual Harai dan Dimensi Kultural Hofstede dalam Iklan Forte Versi Sumo. Brocolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(1), 91–102.
Kusuma, A. D. (2019). POTENSI TEH BUNGA TELANG (Clitoria ternatea) SEBAGAI OBAT PENGENCER DAHAK HERBAL MELALUI UJI MUKOSITAS. RISENOLOGI KPM UNJ, 4(2), 13–19.
Kusuma, I. G. A. R. D., & Suryasih, I. A. (2016). AKTIVITAS WISATA SPIRITUAL DAN MOTIVASI BERWISATA DI DAYA TARIK WISATA. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(2), 118–122.
Liem, S., Marta, D. R. F., & Panggabean, P. D. phil. H. (2019). Sanitation Behavior and Risk of Stunting: Understanding the Discourse of a Public Service Announcement. Jurnal The Messenger, 11(2), 168. https://doi.org/10.26623/themessenger.v11i2.1317
Marta, R. F. (2015). ANALISIS WACANA KRITIS FILM " PUTERI GIOK " : CERMIN ASIMILASI PAKSA ERA ORDE BARU CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS OF " PUTERI GIOK " MOVIE: FORCED ASSIMILATION OF NEW ORDER GOVERNMENT. Jurnal Masyarakat & Budaya, 17(1).
Marta, R. F. (2017a). POLEMIK KEBHINNEKAAN INDONESIA PADA INFORMASI INSTAGRAM @ INFIA _ FACT TERKAIT PATUNG KWAN SING. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(2), 63–71.
Marta, R. F. (2017b). REFLEKSI HIBRIDITAS BUDAYA DALAM PANCASILA PADA REALITAS DAN MEDIA SEBAGAI IDENTITAS BANGSA. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–12.
Marta, R. F. (2019). KONSOLIDASI GERAKAN ANTI KORUPSI BERBASIS AKADEMISI MELALUI JURNAL INTEGRITAS DAN ACS 2018. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 3(1), 25–30.
Marta, R. F., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019). EKSPLIKASI KUALITAS KONTEN PERAN KELUARGA PADA INSTAGRAM @KEMENPPPA. ETTISAL, 4(2), 137–149. Diambil dari https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ettisal/article/view/3702/pdf_34
Marta, R. F., Hafiar, H., Setiawan, Y. B., Andriani, F., Lestari, P., Pamungkas, S., … Setyaningsih, L. A. (2019). Author compliance in following open journal system of communication science in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012222
Marta, R. F., & Suryani, A. (n.d.). Dampak Kekuatan Informasi Film Ngenest Terhadap Penilaian Komunitas Stand Up Indonesia Di Jakarta, (2), 77–87.
Marti’ah, S., & Theodora, B. D. (2017). WISATA BUATAN DI MERUYUNG SEBAGAI LOKASI PEMBELAJARAN BERWIRAUSAHA BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT. Jurnal SAP, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.1136/bmj.f7511
Mulangsri, D. A. K. (2019). Penyuluhan Pembuatan Bunga Telang Kering Sebagai Seduhan Teh Kepada Anak Panti Asuhan Yatim Putra Baiti Jannati. Abdimas Unwahas, 4(2), 2017–2020. https://doi.org/10.31942/abd.v4i2.3010
Noho, Y. (2014). Kapasitas pengelolaan desa wisata religius bongo kabupaten gorontalo. Jurnal Nasional Pariwisata, 6(1), 8–21.
Purwanto, R. (2020). PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS UNGGULAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Kajian Pengembangan Unggulam dan Talenta Budaya Masyarakat Karimunjawa Kabupaten Jepara). Public Service a d Governance Journal, 1(1), 1–22.
Rumah Ibadah Desa Cikoleang. (2020). Diambil dari https://www.google.com/maps/search/rumah+ibadah+desa+cikoleang/@-6.3638686,106.6626918,16z
Ryu, S., Jang, W., & Cho, H. (2014). China Market Entry Strategy Of Paris Baguette. Journal of Business Case Studies (JBCS), 10(2), 155–164. https://doi.org/10.19030/jbcs.v10i2.8504
Sasongko, Y. P. D., & Marta, R. F. (2018). Ekspresi identitas melalui relasi ayah dan anak pada iklan youtube grab official. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(2), 118–132.
Subawa, N. S., & Widhiasthini, N. W. (2013). Wujud Revitalisasi Wisata Spiritual Sebagai Ekspansi Kapitalisme Pariwisata. Sosiohumaniora, 15(1), 10. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v15i1.5235
Sugianto, A. (2016). Kajian potensi desa wisata sebagai peningkatan ekonomi masyarakat desa karang patihan kecamatan balong ponorogo. Jurnal Ekuilibrium, 11(1), 56–66.
Sugiyarto, & Amaruli, R. J. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Pendahuluan Hasil dan Pembahasan Gambaran Umum Budaya Lokal Metode. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 45–52.
Sya, M., Marta, R. F., & Sadono, T. P. (2019). TINJAUAN HISTORIS SIMBOL HARMONISASI ANTARA ETNIS TIONGHOA DAN MELAYU DI BANGKA BELITUNG. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 4(2), 153–168. Diambil dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jscl/article/view/23517
Syahriar, G. H., & Darwanto. (2015). Modal Sosial Dalam Pengembangan Ekonomi Pariwisata ( Kasus Daerah Obyek Wisata Colo Kabupaten Kudus ). Jurnal Ekonomi Regional, 10, 126–138.
Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION BAGI INDUSTRI PERHOTELAN DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA POSMODEREN Design of Digital Marketing Communication Strategy for the Hospitality Industry to Answer the Postmodern Era Challenges. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1), 51–64.
Ulfa, R., & Marta, R. F. (2016). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA YAYASAN NURUL IBAD JAKARTA TIMUR. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(2), 71–81.
Wibowo, S., Marta, R. F., & Panggabean, H. (2019). DISCOURSE OF FAMILY WELL-BEING AND THE VALUE OF WORK AT RPTRA ’ S TESTIMONIAL VIDEOS DISKURSUS KESEJAHTERAAN KELUARGA DAN MAKNA KERJA PADA VIDEO TESTIMONI RPTRA, 21(12), 383–396.
Widagdo, R., & Rokhlinasari, S. (2017). Dampak Keberadaan Pariwisata Religi terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat Cirebon. Al- Amwal, 9(1), 97–110.
Widyastuti, N. K. (2017). DESA PALASARI SEBAGAI WISATA ROHANI DI KABUPATEN JEMBRANA. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 12(1), 1–7.
Widyastuti, N. K. (2018). VIHARA DHARMA GIRI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ROHANI DI KABUPATEN TABANAN. JURNAL Perhotelan dan Pariwisata, 8(1), 35–57.
Published
2020-05-02
Section
Articles