Pengaruh Iklan dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Surabaya

  • Luluk Puspitasari Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Andry Herawati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Liling Listyawati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 181 , Full Text downloads: 326
Keywords: Iklan, Diskon, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan dan diskon terhadap keputusan pembelian online pada pengguna aplikasi shopee di Kota Surabaya baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel independen (X) iklan dan diskon dan variabel dependen (Y) keputusan pembelian. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Surabaya yang menggunakan aplikasi shopee sebanyak 96 responden melalui penyebaran kuesioner di google formulir. Analisis data akan dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa variabel iklan (X1) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dan variabel diskon (X2) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel iklan (X1) dan variabel diskon (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hasil uji dominan menunjukkan bahwa variabel iklan (X1) berpengaruh secara dominan terhadap variabel keputusan pembelian (Y).

Kata Kunci: Iklan, Diskon, Keputusan Pembelian

Published
2023-11-04
How to Cite
Luluk Puspitasari, He, A., & Listyawati, L. (2023). Pengaruh Iklan dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Bisnis, 267-280. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7277