PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG INSENTIF PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MADYA KOTA SURABAYA


Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh insentif pajak dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kepatuhan pajak suatu keadaan dimana wajib pajak patuh dan mempunyai kesadaran dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Madya Surabaya. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Sampel penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar
pada KPP Pratama Madya Surabaya yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan insentif pajak dan kualitas pelayanan perpajakan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Secara parsial insentif pajak berpegaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dan kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
References
Administrator Pajak. (2022). KPP Sebagai Unit Kerja DJP. Online Pajak. https://www.online-pajak.com/tentang-pajak/kpp
Apsari, N. D. (2012). Pengaruh Insentif Pajak Bbn Kb Terhadap Jumlah Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Yang Terdaftar Di Surabaya Barat. Pengaruh Insentif Pajak Bbn Kb Terhadap Jumlah Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Yang Terdaftar Di Surabaya Barat, 1(69), 5–24.
Ardiyansyah, A. (2016). PENGARUH PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MELALUI KEPUASAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK DI WILAYAH KERJA KPP PRATAMA BLITAR). 11(1), 1–10.
Aswati, W. O., Mas’ud, A., & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor UPTB SAMSAT Kabupaten Muna). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 27–39.
Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Research Gate.
Burton, R. (2005). Menuju Wajib Pajak Patuh. Jurnal Perpajakan Indonesia, Vol.5 (No.
Dewi, A. C., Ekonomi, F., Studi, P., & Akuntansi, M. (2012). Berupa Fasilitas Tax Holiday Di Indonesia.
Ester, K., Nangoi, G., & Alexander, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan pajak dan pengetahuan pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan dengan kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris di Kabupaten Gunungkidul). Jurnal Akuntansi, Vol.6 No.1, 1–10.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro.
Heriyah. (2020). Pengaruh Pelayanan Fiskus dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Bandung Tahun 2016). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 243. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1095
Hutagaol, J. (2005). Self assessment: Implementasi dan kendalanya. Jurnal Perpajakan Indonesia.
Kiswara, E. (2009). Reformasi pajak di tahun baru. Suara Merdeka. Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). Indeks.
Prasetyo, D. F. (2020). PENGARUH INSENTIF PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MASA PANDEMI. SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PERBANAS.
Prasetyo, K. . (2008). Benarkah Pemberian Insentif Pajak dapat Meningkatkan Investasi Asing di Indonesia? Inside Headline.
Resti, V. (2011). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMENUHI KEWAJIBAN PERPAJAKAN
(Studi Empiris pada Pengusaha UMKM di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan). JOMFekom, 4(1), 1–13.
https://media.neliti.com/media/publications/125589-ID-analisis-dampak- pemekaran-daerah-ditinja.pdf
Sari, R. A. V. Y., & Susanti, N. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Pkb) Di Unit Pelayanan Pendapatan Provinsi (Uppp) Kabupaten Seluma. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.37676/ekombis.v2i1.5
Sirait, D. (2005). Improving tax collection in Indonesia. Jurnal Keuangan Publik, 63–94.
Suandy, E. (2006). Perencanaan Pajak. Salemba Empat.
Sugiyanto. (2005). Konservatisme kebijakan fiskal dan reformasi sistem perpajakan. Suara Merdeka.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Syanti, D., Widyasari, & Nataherwin. (2020). Pengaruh Insentif Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 17.
Syarief, I. S. (2021). Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Surabaya Naik, Laporan SPT Capai 73,15 Persen. suarasurabaya.net. https://www.suarasurabaya.net/ekonomibisnis/2021/tingkat-kepatuhan-
wajib-pajak-surabaya-naik-34-persen/
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
UNCTAD. (2000). Tax Incentives and Foreign Direct Investment: A Global Survey. UNITED NATIONS New York and Geneva, 16, 177. http://unctad.org/en/Docs/iteipcmisc3_en.pdf
Undang-Undang Republik Indonesia. (2009). Law of the Republic of Indonesia Number 25 of 2009 on Public Service.
Zee, H. H., Stotsky, J. G., & Ley, E. (2002). Tax incentives for business investment: A primer for policy makers in developing countries. World Development, 30(9), 1497–1516. https://doi.org/10.1016/S0305-750X(02)00050-5