PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Dr. Soetomo Surabaya)

  • Erlina Dwi Astutik
  • Miftahol Horri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 10 , PDF Journal downloads: 33
Keywords: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, perilaku
belajar, dan minat belajar terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan tahun 2019 dan 2020 Program
Studi Akuntansi Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah dengan menyebarkan kuesioner online dari google form dengan jumlah sampel 63
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis linier
berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan
minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa
akuntansi. Berdasarkan secara parsial perilaku belajar dan minat belajar berpengaruh signifikan
terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Sedangkan kecerdasan emosional tidak
berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi.

References

Dalimunthe, Mohd Idris. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar
Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di
Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi 5(2). (https://ejournal.sarimutiara.ac.id/index.php/JMA/article/view/1381/1183, diakses 03
Januari 2023).
Ghozali, I. 2018. Aplikai Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Edisi
Sembilan. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kurniawati, E. 2019. Analisa Pengaruh Gone Theory, Integritas, dan Religiusitas
Terhadap Kecurangan Akademik. Skripsi tidak diterbitkan. Program Sarjana
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranara Semarang.
Meitriana, Suwene, dan Indrayani. 2018. The Influence of Froud Triangle and Theory of
Planned Behavioron Students Academic Froud in Bali. Advances in Economics,
Business and Management Research, Vol 69, 136 – 141.
Mutoharoh, S.E. 2017. Pengaruh Kebiasaan Belajar, Tekanan, Orang Tua, Perilaku
Teman Sebaya, dan Gender Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa
Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Program
Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Sulistiyawan, A. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan
Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada
Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2015). Skripsi tidak
diterbitkan. Program Studi Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryanto, S., & Erlianti, G. 2018. Kecerdasan Emosional Pustakawan dalam Melayani
Pemustaka. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. Vol 2, 72 – 78.
Susanti, Susi, Rispantyo, and Kristianto Djoko. 2017. Pengaruh Minat Belajar, Perilaku
Belajar, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat
Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi 13:
127–34.
Wispandono, R.M. Moch. 2018. Buku Ajar Menguak Kemampuan Pekerja Migran.
Yogyakarta. Deepublish.
Published
2024-02-16
How to Cite
Erlina Dwi Astutik, & Miftahol Horri. (2024). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Dr. Soetomo Surabaya). Soetomo Accounting Review, 2(2), 236-248. https://doi.org/10.25139/sacr.v2i2.7904