PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA KUALITAS TERHADAP PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019-2020

  • Shintya Devayani Kota
Abstract views: 35 , PDF Journal downloads: 33
Keywords: Biaya Produksi, Biaya Kualitas terhadap Penjualan, BEI, Sektor Industri Barang Konsumsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya produksiterhadap penjualan, menguji pengaruh biaya kualitas terhadap penjualan, dan menguji pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi secara bersama terhadap penjualan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling dan diperoleh total sampel sebanyak 42 perusahaan. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 25. Data yang digunakan pada penelitianini adalah menggunakan data sekunder berupaLaporan Keuangan Perusahaan yang dapat diakses di website idx. Peneliti memberikan saran agar dapat mengembangkan penelitian dimasa mendatang dengan variabel dan objek yang lebih dan menggunakan data time series yang lebih lama agar data yang diambil lebih empiris. Untuk perusahaan diharapkan untuk terus berkomitmen terhadap kualitas produk dan meningkatkan kualitas agar produk sesuai dengan standar dan harapan konsumen kemudian biaya kualitas dan biaya produksi perlu dilakukan pengawasan agar teralokasi dengan tepat sehingga dapat membantu manajemen untuk mengambil keputusan strategi suntuk mengaji bagaimana pertumbuhan penjualan pada periode selanjutnya.

References

Ali Tafriji Biswan, A. (2018). Akuntansi Manajemen. Tangerang Selatan: Ihsan Media.

BrofmanEpelbaum,FreddyMoises,danMarianGarciaMartinez.“The Technological Evolution of Food Traceability Systems and Their Impact on Firm Sustainable Performance: A RBV Approach.” International Journal of ProductionEconomics 150 (2014): 215–224.

Endah Lestari, Retno Martanti, dan Muhammad Mahdi Hakim. “Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Tingkat Penjualan Pada Pt Mitra Sejati Mulia Industri.” JIAFE(JurnalIlmiahAkuntansiFakultasEkonomi)6,no.2(2014):34–41.

Evans, R. James, dan William M Lindsay. Pengantar Six Sigma. Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Ghozali, Imam. 25 Teori Besar (Grand Theory) Ilmu Manajemen, Akuntansi, Dan Bisnis.Semarang: YogaPratama, 2020.

Hansen, D. R. (2007). Management Accounting, 8 edition. South-Western,USA: Thomson Learning. South-Western,USA: Thomson Learning.

Felicia, dan Robinhot Gultom. “Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas DanBiaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur YangTerdaftar Di Bursa Efek.” Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX 1, no. 1(2018):1–12.

economic.bisnis.com. (n.d.). Retrieved Oktober 10, 2021, from economic.bisnis.com: https://investasi.kontan.co.id/news/pendapatan-emiten-barang-konsumsi- yang-masuk-sektor-defensif-turun-ini-prospeknya

idx.co.id. (n.d.). Retrieved Agustus 14, 2021, from idx.co.id: https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/

katadata.co.id. (n.d.). Retrieved Oktober 10, 2021, from katadata.co.id: https://katadata.co.id/sortatobing/indepth/5f4ef5c229f88/nasib-industri- rokok-di-tengah-hantaman-pandemi-dan-kenaikan-cukai

Harahap, Baru, dan Tukino. Akuntansi Biaya. Batam: Batam Publisher, 2020.Harmelia,danDeviEdriani.“AnalisisPengaruhBiayaMutuTerhadapPenjualan
Produk (Studi Kasus: Pusat Oleh-Oleh Minang Di Kota Padang).” EkonomidanBisnis 21, no. 2 (2019): 178–187

Kemenperin. Analisis PerkembanganIndustriIndonesia- Edisi IV. Pusat DataDanInformasiKementrianPerindustrian.Jakarta,2018.https://www.kemenperin.go.id/kinerja-industri.

Lestari, Wiwik, dan Dhyka Bagus Permana. Akuntansi Biaya Dalam PerpektifManajerial.2nded. Depok:RajaGrafindo Persada,2017.

Mariantha, Nyoman. ManajemenBiaya: CostManagement. 1sted. Makassar:CelebesMediaPerkasa,2018.

Mowen, Maryanne M., Don R. Hansen, dan L. Heitger. Dasar-Dasar AkuntansiManajerial.Edited by5.Jakarta: SalembaEmpat, 2017.

R. A. Supriyono. Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya Dan Penentuan HargaPokok.2nd ed. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2017.

Rudianto.AkuntansiManajemen:InformasiUntukPengambilanKeputusanManajemen.Jakarta: Grasindo, 2006.

Rupaida,SilvaAnne,danDedenEdwarYokeuBernardin.“PengaruhBiayaProduksiDanBiayaPromosiTerhadapPenjualanPT.UltrajayaMilkIndustryTbk.”Ekspansi8, no. 2 (2016): 261–275.
Siyoto,Sandu, dan Muhammad Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian.
Yogyakarta:LiterasiMediaPublishing,2015.
Susan,Mary,LindaKFerrell,danDebbieThorne.“Consumers’TrustofSalesperson and Manufacturer : An Empirical Study” 51, no. J. Bus. Res.(2001):73–86.
Tambingon, Ridel, Herman Karamoy, dan Sonny Pangarepan. “Analisis PengaruhBiayaKualitasDalamMeningkatkanProfitabilitasPerusahaanPT.PutraKarangetang.”Indonesia AccountingJournal2, no.4(2020): 52–57.
Wales,William,TatianaBeliaeva,GalinaShirokova,TatianaRStettler,danVishalKGupta.“OrientingtowardSalesGrowth ?DecomposingtheVarianceAttributedtoThreeFundamentalOrganizationalStrategicOrientations.”Journal of Business Research (2018):1–13.
Yulianthini, Ni Nyoman, I Gusti Putu Gde Indra Dinar, dan Gede Putu Agus JanaSusila. “Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi.” e-Journal BismaUniversitasPendidikan Ganesha 4, no. 1(2016).
kontan.co.id. (n.d.). Retrieved oktober 10, 2021, from kontan.co.id: https://investasi.kontan.co.id/news/sektor-barang-konsumsi-jadi-jawara- sejak-awal-tahun-simak-rekomendasi-analis-berikut-1

Kontan.co.id. (n.d.). Retrieved Oktober 10, 2021, from Kontan.co.id: https://investasi.kontan.co.id/news/sektor-barang-konsumsi-jadi-jawara- sejak-awal-tahun-simak-rekomendasi-analis-berikut-1
republika.co.id. (n.d.). Retrieved Oktober 10, 2021, from republika.co.id: https://republika.co.id/amp/qhr8wj370
Published
2024-05-15
How to Cite
Shintya Devayani Kota. (2024). PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA KUALITAS TERHADAP PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019-2020. Soetomo Accounting Review, 2(3), 342-351. https://doi.org/10.25139/sacr.v2i3.8253
Section
Articles