PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA SUKOMANUNGGAL SURABAYA

  • Krisnawati Universitas Dr. Soetomo
Abstrak views: 11 , pdf (English) downloads: 16

Abstrak

This study aims to examine and analyze the effect of taxation services and tax knowledge on taxpayer awareness simultaneously and partially. The population in this study is an individual taxpayer who is registered at KPP Pratama Sukamanunggal Surabaya. The sample taken is 50 respondents using incidental sampling method. Data analysis used multiple linear regression analysis with SPSS 21 tools. Based on the results of hypothesis testing, the research variables consist of: (1) Fiscal Service and Tax Knowledge together (simultaneously) have a significant effect on taxpayer awareness. (2) Fiscal service has a significant effect on taxpayer awareness, as seen from the significantly higher value. smaller than 0.05, this means that if the tax service service is getting better, it will increase taxpayer awareness. (3) Knowledge of taxation has a significant effect on taxpayer satisfaction, it can be seen from the value significantly less than 0.05, this means that if the knowledge of taxation is getting better, it will increase taxpayer awareness.

Referensi

Basit, A., & Wirawan, W. (2019). Pengaruh Persepsi Kontrol Perilaku,
Pengetahuan Pajak Dan Persepsi Keadilan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Tekun: Jurnal
Telaah Akuntansi Dan Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.22441/tekun.v8i1.5520
Cindy, J., & Yenni, M. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus , sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, https://media.neliti.com/media/publications/157195-ID-pengaruh-kesadaran wajib-pajak kualitas.pdf
Hanindyari, Putri Wangi. 2018. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas
Pelayanan Fiskus, Dan Penerapan E-Filling Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Tercatat di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purworejo). Skripsi. FE Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Ketut Evi Susilawat, & Ketut Budiartha. (2013). Jurnal_inter_1_V. Pengaruh
Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2 (2013): 345-357. ISSN: 2302-8556.
Lestari, R. A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik Pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Manuputty, I. G., & Sirait, S. (2016). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Penerapan
Assesment System Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Serta Dampaknya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kpp Pratama Jakarta Panjaringan.
Media Akuntansi Perpajakan, 1(2).
Mardiasmo. 2016. Perpajakan. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Masinambow, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA, 1(4).
Muarifah, Tanzialah (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem elektronik perpajakan dan kompetensi pegawai pajak pada kepuasan wajib pajak. (2017), E-Jurnal Akuntansi, 18(3).
http://eprints.dinus.ac.id/8666/1/jurnal_13064.pdf
Muslikhatul Ummah. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak,
Pengetahuan Perpajakan Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Semarang. Jurnal Ekonomi. http://eprints.dinus.ac.id/17679/1/jurnal_15143.pdf.
Mutia, S. P. T. (2014). Pengaruh sanksi perpajakan, kesadaran perpajakan, pelayanan fiskus, dan tingkat pemahaman terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Artikel Ilmiah, 2(1).
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/viewFile/902/652
Pangestu, Ajeng Fitri (2018). Pengaruh kompetensi fiskus dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Surabaya
Sawahan. Skripsi. Universitas Wijaya Putra.Surabaya.
Rahayu, Nurulita (2017). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan, Sanksi Pajak, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Akuntansi Dewantara Vo.
1 No.1. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansidewantara/article/download/2 /170
Ramadhan, R., & Binawati, E. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan
Fiskus, dan Sanksi Administrasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Mix Method (Pada Kantor Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Kota Yogyakarta). Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 15(1).
https://doi.org/10.51277/keb.v15i1.67
Rianty, M., & Syahputepa, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan
Wajib Pajak. Balance :Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5(1).
https://doi.org/10.32502/jab.v5i1.2455
Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman
Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan
Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2).
https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.688
Saputra, Sandy Dwi (2020). Pengaruh Pengampunan, Pengetahuan Pajak, Pelayanan
Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Kasus di
KPP Pratama Sukomanunggal Surabaya ). Skripsi. Universitas Wijaya Putra.Surabaya
Siahaan, S., & Halimatusyadiah. (2018). The Influences Of Tax Awareness Of Tax Awareness, Tax Socialization, Fiscuus Servicing And Tax Sanctions Of Obedience Of Personal Taxes Obligatory. Jurnal Akuntansi, 8(1).
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JurnalAkuntansi/article/download/7589/ 792
Siregar, Y., Saryadi, S., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Pelayanan Fiskus Dan
Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Di Semarang Tengah). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1(1).
Susanti, Y., & Suhono, S. (2020). Pengaruh Kuaitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi
Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama
Karawang Utara. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i11.p04
Susherdianto, R., & Haryanto (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi WPOP Yang Memiliki Usaha Di Kota Kudus). (2015). Diponegoro Journal of Accounting, 0(0), ISSN (Online): 2337 3806.
http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Syahril, F. (2013). Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan
Fiskus terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Orang Pribadi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Kota Solok). Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang.
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/viewFile/639/398
Tene, J. H., Sondakh, J. J., & Warongan, J. D. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Pajak, Sanksi Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Terhadap
Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Manado). Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174, 5(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/15702/15221 Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak,
Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat
Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1).
https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.253
Zuhair (2013). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Pengetahuan Mengenai Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Restoran di Kota Solo dan
Yogyakarta). Skripsi. FE.Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/12625/skripsi%20zuhair.pdf?sequence=1
Diterbitkan
2024-12-30
Bagian
Articles