Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang


Abstract
Memasuki era Revolusi Industri 4.0, kita dapat melihat maraknya inovasi serta pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan orientasi pada digitalisasi modern, pemerintah saat ini menghadapi tekanan dari masyarakat untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, serta memberikan data dan informasi yang lebih efektif dan efisien. Sistem Informasi yang berkaitan dengan data penduduk mencakup seluruh aspek kependudukan. Sistem ini dipusatkan di daerah tingkat II, seperti kabupaten dan kotamadya, dengan prasarana teknologi informasi yang memungkinkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) untuk menangani pendataan status penduduk beserta segala perubahannya. Inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi SIAK di kantor Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian, inovasi ini telah mencapai tingkat keberhasilan yang cukup baik. Namun, dari lima indikator inovasi yang digunakan yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemungkinan diamati. Terdapat dua indikator yang belum maksimal, yaitu kerumitan dan kemungkinan dicoba.
Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Digitalisasi Modern, Aplikasi SIAK