Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Di Kota Surabaya.

  • Dinda Chendrasari Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sapto Pramono Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ika Devy Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 117 , Full Text downloads: 81
Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Program Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kapasitas perangkat Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri dalam memberikan pelayanan kependudukan. Observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi merupakan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Dengan Menggunakan Lima kriteria Kualitas Pelayanan Menurut Lijan Poltak Sinambela penelitian ini difokuskan pada penggunaan enam kriteria Kualitas pelayanan yakni: (i). Transparansi, (ii). Akuntabilitas, (iii). Kondisional, (iv). Partisipatif, (v). Kesamaan Hak, (vi) Keseimbangan Hak. Masih banyak kesulitan yang harus diatasi oleh mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), baik internal maupun eksternal. Berdasarkan data yang dihimpun, temuan penelitian menunjukkan bahwa inovasi Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) belum mampu meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di kota surabaya, karna masih banyak masyarakat surabaya yang belum paham dengan inovasi ini. Hal tersebut diperkuat dari hasil peneliti bahwa pegawai Dispendukcapil sendiri mengatakan pada hasil wawancara tersebut belum pernah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan peneliti melihat tidak ada nya fasiltas pendukung seperti spanduk mengenai Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Sekitar Dispendukcapil Kota Surabaya. Adapun saran dari peneliti yakni: Memastikan upaya sosialisasi menyeluruh untuk meningkatkan kesadaran seluruh warga Kota Surabaya mengenai fungsi ADM dan memberikan panduan yang jelas dalam penggunaannya, serta penambahan mesin ADM di wilayah kecamatan agar masyarakat lebih mengenal ADM.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Program Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)

Published
2024-10-20
How to Cite
Dinda Chendrasari, Sapto Pramono, & Ika Devy Pramudiana. (2024). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 2(2), 437 - 454. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/9172
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>