Evaluasi Kualitas Pelayanan Pajak Daerah di Badan PPKAD Kabupaten Gresik

  • Kasiadi Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Nihayatus Sholichah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ika Devy Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 202 , Full Text downloads: 119
Keywords: Kualitas, Pelayanan Publik, Badan PPKAD Kabupaten Gresik, Eksplorasi Dan Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas pelayanan publik di Badan PPKAD Kabupaten Gresik, BPPKAD Kab. Gresik selaku Organisasi Perangkat Daerah yang berkomitmen untuk selalu melayani masyarakat terus berupaya untuk meningkatkan Kualitas dan aksesibilitas pelayanan pajak daerah bagi masyarakat di Kabupaten Gresik. Diantaranya adalah dengan menciptakan inovasi melalui pelayanan Pajak Daerah berbasis ONLINE. Kualitas pelayanan publik sangat penting bagi kenyamanan dan kepuasan Wajib Pajak, Saat ini inovasi yang telah dilakukan BPPKAD yaitu mengintegrasikan beberapa aplikasi yang ada menjadi satu aplikasi terpadu yaitu Aplikasi SEPADAN (PAJAK Daerah Lainnya) dan SILOPINTER (Pajak Bumi dan Bangunan) membuat proses pajak yang sebelumnya terdapat beberapa tahapan kini menjadi lebih singkat prosesnya sehingga keterbukaan dalam pelayanan membuat akuntabilitas publik dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Kabupaten Gresik juga meningkat apalagi dengan tingginya volume Wajib Pajak yang dilayani setiap hari. Meskipun Badan PPKAD telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualiatas pelayanan pajak Daerah tapi, masih ada beberapa masalah seperti keterbatasan sumber daya manusia , Karakteristik Organisasi Perangkat Daerah, Sikap Para Pelaksana Pelayanan Pajak Daerah, Komunikasi Antar Organisasi dan lingkungan sosial ekonomi. Penelitian ini adalah kualitatif. Menurut para ahli Creswell (2016; 4) mengemukakan bahwa penelitian kualitatif adalah Proses eksplorasi dan Pemahaman oleh banyak individu atau kelompok orang yang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Metode penelitian kualitatif lebih menekankan aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dari pada melihat permasalahan untuk penelitian berbentuk general. Teknik analisis mendalam dengan mengkaji masalah atau kasus karena metode kualitatif bersifat bahwa masalah satu akan berbeda dengan sifat masalah lainnya. Metode penelitian yakni suatu cara ilmiah agar menemukan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, atau dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat dipergunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam bidang tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat komitmen kuat dari Badan PPKAD Kabupaten Gresik untuk menyediakan layanan yang berkualitas, beberapa kendala masih menjadi penghambat pencapaian tujuan tersebut. Infrastruktur yang memadai, pelatihan petugas yang berkelanjutan, dan penggunaan teknologi informasi memberikan kontribusi positif terhadap kualitas Pelayanan yang memadai. Namun, keterbatasan sumber daya manusia , Karakteristik Organisasi Perangkat Daerah, Sikap Para Pelaksana Pelayanan Pajak Daerah, Komunikasi Antar Organisasi dan lingkungan sosial ekonomi yang menjadi terus penghambat utama. Disarankan agar Badan PPKAD Kabupaten Gresik meningkatkan pengawasan dan evaluasi berkala terhadap kinerja pelayanan, memperkuat kerjasama dengan para OPD terkait, serta terus melakukan perbaikan berdasarkan informasi dari Wajib Pajak. Proses eksplorasi dan Pemahaman oleh banyak individu atau kelompok orang yang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan secara konsisten diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Badan PPKAD ini, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kepuasan Wajib Pajak dan Peningkatan PAD kabupaten Gresik.

Published
2024-12-29
How to Cite
Kasiadi, Nihayatus Sholichah, & Ika Devy Pramudiana. (2024). Evaluasi Kualitas Pelayanan Pajak Daerah di Badan PPKAD Kabupaten Gresik. Soetomo Administrasi Publik , 2(3), 651 - 666. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/9509
Section
Article