Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik


Abstract
Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) merupakan salah satu bentuk penerapan E-Government dalam rangka mendorong pemerintah daerah untuk menerapkan pengelolaan keuangan yang bersih, efektif dan efisien sesuai konsep value for money. Pemerintah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik menerapkan SIPKD dalam pengelolaan keuangan daerah sejak tahun 2014. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pengelolaan keuangan yang transparan, efektif dan efisien disamping laporan pertangungjawaban keuangan yang akuntabel dan auditabel. Penelitian ini bertujuan apakah implementasi penyusunan laporan keuangan di Kecamatan Dukun kabupaten Gresik dengan menerapkan SIPKD sudah efektif, juga Untuk mengetahui kendala dalam penyusunan laporan keuangan dengan menerapkan SIPKD di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik apakah masih memerlukan perbaikan sistem. Hasil Analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa analisis penerapan SIPKD pada Pemerintah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Nomor : 270/PMK.05/2014 menunjukkan saat menjalankan aplikasi SIPKD secara bersamaan, proses menjadi sangat lambat bahkan kadang error hal ini dikarenakan bandwidth server kurang besar dan tidak ada peringatan (warning system) dari aplikasi SIPKD pada saat terjadi kesalahan proses input data. Berdasarkan penemuan yang diungkapkan diatas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem SIPKD pada Pemerintah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik sudah berjalan dengan baik. Tetapi terdapat beberapa hal yang masih harus diperbaiki. Sebaiknya pengelola server pusat perlu menambah kapasitas bandwidth server sehingga saat dipakai bersamaan seluruh OPD aplikasi tetap berjalan lancar dan perlu dilakukan penyempurnaan sistem operasi aplikasi SIPKD.