Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervering Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda

  • Wisnu Wardani Universitas Dr. Soetomo
  • Slamet Riyadi Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 42 , PDF downloads: 92

Abstract

Dengan digitalisasi pelayanan yang dilakukan oleh DJBC diseluruh Indonesia tidak terkecuali Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda mengharapkan memberikan pelayanan yang maksimal. Tetapi tentu saja hal ini tidak mudah untuk dalam penerapan sistem pelayanan secara digital masih banyak hambatan dan kendala yang ada dilapangan. Permasalahan ini dapat dilihat dari berbagai  sudut  pandang  yaitu  pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda itu sendiri dan dapat dilihat dari konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervering Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda. Dengan menggunakan teknik sensus sampel dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang konsumen.

Digitalisasi Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervering Di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Tipe Madya Pabean Juanda. Pengujian asumsi dilakukan dengan menggunakan analisis model path (analisis jalur) melalui bantuan program AMOS versi 23. Berdasarkan pengujian model asumsi yang disajikan dalam tabel 5.13 menyatakan bahwa Digitalisasi Pelayanan dengan nilai estimate regrresion wights 0,7391104, standart error 0, ,1348243, critical ratio (t-tabel) 5,4820268 lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,00 0,05, Digitalisasi Pelayanan dengan nilai estimate regrresion wights 1,3015781, standart error 0,8817742, critical ratio (t-tabel) 2,4760899 lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,0223991  0,05, Kepuasan Pengusaha dengan nilai estimate regrresion wights 2,5690715, standart error 1,1277644, critical ratio (t-tabel) 2,2780215 lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,0227253  0,05.

References

Amirullah. 2012. Manajemen Pemasaran. Bandung. Penerbit Alvabeta, CV

Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum.

Craven, D,W. 2003. Pemasaran Strategis. Edisi keempat, jilid 1 dan 2. Terjemahan, Salim L. Jakarta

:Penerbit Erlangga.

Dias & Shah, 2009. Pemasaran Matode, Analisis, Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum.

Ebert, R.J., Ronald J., Grifin, Ricky W.,2003, Introducing of Business, 6th Edition, Prentice Hall. Inc. New York.

Effendy 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra (2015) Manajemen Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum

Fandy Tjiptono 2011. Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum Farida Jasfar (2015:17). Manajemen Pemasaran Jasa dan Produksi. Jakarta: Erlangga

Ferdinand, A.2002.Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen.Edisi Kedua.Semarang

: Badan Penerbit Undip.

Fitriana, Zulkarnain, dan H.B. Isyandi (2019) Jurnal KURS Vol.2 Nomor 1Tahun 2019 Analisis Kualitas Pelayanan Online Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Bri Agroniaga, Tbk Cabang Pekanbaru

Funso, K T., Kolade, A R., & Ojo, O M. (2012). Credit risk and commercial banks’ performance in Nigeria: A Panel model approach. Australian Journal of Business and Management Research, 2(2), 31-38.

Handika Pramana Putra, Noverman Duadj , Eko Budi Sulistio (2020) Jurnal Administrativa Vol.2 Nomor 1 Tahun 2020 Penerapan Teknologi Industri 4.0 Dalam Pelayanan Publik Di Bidang Administrasi Kependudukan (Studi Pelayanan Kartu Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan

Harini 2008. Prinsip Dasar Pemasaran. : BPFE, Yogyakarta

Hariyari, 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta : MedPress.

Gitosudarmo 2010, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum Griffin, Jill. 2002. Customer Loyalty.Jakarta: Erlangga.

Kargi, H.S. (2011). Credit risk and the performance of Nigerian Banks. Zaria: Ahmadu Bello University. Kismono, Gugup.,2001, Bisnis Pengantar, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Philip (2010), Manajemen Pemasaran, Buku IV Cetakan Ketiga .Alih Bahasa Imam Nurmawan.

Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan.

Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip, Alih Bahasa A.B. Susanto.2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Lamb, Hair, dan McDaniel. 2011. Pemasaran. Buku 1. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Laroche, Bergeron & Goutaland (2011) Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Lamb, Hair dan McDaniel . 2011. Pemasaran. Buku 2. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Lilis Susilawaty (2019) Volume 19, Nomor 2, Mei 2020, pp 179-190. Copyright © 2020 Jurnal Manajemen Maranatha, Program Studi S-1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Maranatha. ISSN 1411-9293 Pengaruh Layanan Perbankan Digital Pada Kepuasan Nasabah Perbankan

Lupioyadi, Rambat. 2010, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta Penerbit Salemba Empat.

Ma’ruf, . 2010. Manajemen Pemasaran Konsep Dan Teori. Jakarta. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Machfoedz 2009, Manjemen Pemasaran. Yogyakarta:Penerbit Liberty

Machfoedz 2015, Manjemen Pemasaran. BPFE, Yogyakarta

Mario Eka Darma Putra (2018) Jurnal Manajemen Vol 9 Nomor 6 Efektifitas E-Servqual Untuk Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna E-Banking

Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Mursid, 2014, Prinsip-Prinsip Dan Dasar Manajemen Pemasaran. Bandung : Penerbit Alvabeta, CV

Norman (2011:68). Manajemen Pemasaran. : BPFE, Yogyakarta

Ratih Hurriyati, 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Robbin, S.P. dan Coulter, M. 2001. Management. 6th edition. New Jersey : Prentice Hall International Inc. Saladin, Djaslim dan Oesman, Yevis, Marty. 2011. Intisari Pemasaran. Edisi Kedua. : Medan: Media IPTEK. Sigit, Suhardi 2007. Marketing Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta:Penerbit Liberty.

Sistaningrum 2012. Teori Pemasaran. Jakarta. Penerbit PT RAJA GRAFINDO PERSADA. Jakarta

Siti Monali dan Erma Suryani (2017) Jurnal ISBN; 978-602-97491-6-8 Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Dengan Menggunakan Sistem Dinamik

Stanton, William J. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran., Jilid Kedua. Edisi Ketujuh.: Jakarta: Erlangga. Sudarsono, 2016 . Manajemen Pemasaran. Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Penerbit Alvabeta, CV.

Sukesi (2021) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN

TERPADU (KPPT) KOTA MOJOKERTO. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol 1 Nomor 2. 132-147 Sumarni dan Soeprihanto 2010, Manajemen Pemasaran. Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta

Swasta, Basu dan Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II Yogyakarta: Liberty. Swastha dan Handoko 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Havarindo

Swastha, Basu 2010. Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Liberty Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset.

Tunggal, Amin Widjaja. 2008. Konsep Dasar Customer Relationship Management (CRM)., Jakarta: Havarindo.

Zeithaml & Bitner, 2010. Manajemen Pemasaran, Analisis dan Strategi. Cetakan I Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta

Zeithaml & Bitner, 2013. Manajemen Pemasaran, Analisis dan Strategi. Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta

Published
2022-11-24
Section
Articles