Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Gaji, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Yayasan Nurul Hidayah Annawawiyah Geger-Bangkalan)

  • Yanti handayani Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 28 , PDF downloads: 28

Abstract

pentingnya peranan kinerja guru diperlukan guru yang kompeten dibidangnya, karena guru salah satu faktor dalam sistem pendidikan terutama pada pendidikan formal, adapun faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru yaitu gaya kepemimpinan, gaji dan lingkungan kerja serta komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, gaji dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Jenis penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini sebanyak 50 guru yang berada dibawah naungan Yayasan Nurul Hidayah Annawawiyah, dengan jumlah sampel 50 guru, teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah sampel jenuh atau sensus. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan regresi linier berganda dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh gaya kepemimpinan (sig. 0,008), gaji (sig. 0,013) dan lingkungan kerja (sig. 0,000) terhadap komitmen dengan nilai sig. yang didapat < tingkat sig. α = 0,05. Selanjutnya Gaya kepemimpinan (sig. 0,023), Gaji (sig. 0,022), lingkunagn kerja (sig. 0,021) dan komitmen (sig. 0,000) berpengaruh terhadap kinerja guru karena nilai sig. yang didapat < tingkat sig. α = 0,05 maka  hipotesis diterima. Hasil penelitian secara tidak langsung yaitu gaya kepemimpinan melalui komitmen terhadap kinerja guru tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung, hasil yang diperoleh lebih besar pengaruh langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru (0,323 > 0,247) Gaji terhadap kinerja guru sebesar 0,327, sedangkan pengaruh gaji terhadap kinerja guru melalui komitmen sebesar 0,230. Sehingga secara langsung gaji berpengaruh terhadap kinerja guru lebih besar dibandingkan gaji guru terhadap kinerja guru melaui komitmen.Lingkungan kerja secara langsung berpengaruh terhadap kinerja dengan nilai sebesar 0,320 lebih kecil dari pengaruh secara tidak langsung, lngkungan kerja melalui komitmen terhadap kinerja guru sebesar 0,429.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

E.Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrasari, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Indrasari, M. (2018). Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Jasmani, M. S. (2013). Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawasan Sekolah dan Guru. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Kartini, K. (2011). Pemimpi dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.

Meithiana Indrasari, d. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Gaya kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Dosen. Akademika, 50-59.

Mulyadi. (2013). Sistem Akuntansi Edisi Ketiga, Cetakan ke Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penlitian. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Usman, H. (2011). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2023-03-24
Section
Articles