PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PRIMA ADHI SENTOSA SURABAYA

  • Ahmad Fajar Faza
Abstract views: 36 , PDF Journal downloads: 18
Keywords: Strategi Pemasaran, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian dilakukan terhadap 96 responden pelanggan yang pernah mengajukan kredit (pinjaman) pada Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya (1) Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya (2) Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya (3) Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya (4) Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya (5) Strategi Pemasaran melalui Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya (6) Kualitas Layanan melalui Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya (7).

References

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan ka lokal bandung raya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Akuntans, 5(1), 1124–1135.
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Mitra Wacana Media.
Anggraini, F., & Anindhyta, B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Arman, M. M. (2019). Introduksi Manajemen Pemasaran: Dasar dan Pengantar. Manajemen Pemasaran LD Media.
Aulia, R., Syamsudin, A., & Sintani, L. (2023). Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan (Studi Pelanggan Cafe One More PalangkaRaya). Edunomics Journal, Vol. 4 (2): Page 177-189.
Bintari, W. P., Udayana, I., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening(Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri). Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Volume 20 No. 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jp.v20i
Davinsi, W. M., Meitiana, & Yunikewaty. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Daerah Wisata Tahura Lapak Jaru di Kabupaten Gunung Mas. Edunomics Journal, Vol. 4 (2): Page 190-209.
Elvira, L. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Akrab Juara, Volume 5 Nomor 1 (85-90).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan ProgramIBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.
Kusumawardhani, F. (2018). Eksistensi Koperasi Bagi Masyarakat Umum Di Kelurahan Lembah Damai Kota Pekanbaru. Ensiklopedia Of Journal, 1(1), 1–5.
Nitisusastro, H. Mulyadi. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Nuary, N. S. (2016). Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT pada PT. uper Sukses Motor Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2(1), 30–42.
.Panjaitan, D., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Digital Payment OVO di Kota Bandung). Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis.
Persari, D. (2018). Implementasi Strategi Pengembangan Kepariwisataan. Ilmu Administrasi Negara, 15(1).
Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. CV Pustaka Setia.
Rohmati, D., Studi, P., & Ekonomi, S. I. (2016). No Title. 203–218.
Sangi, A. M. I., Tamengkel, L. F., & Mukuan, D. C. . (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. Cabang Ranotana. Jurnal Productivity, 3(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif, Dan R&D. Alphabet.
Syahrudin, E., Yusup, E., & Oxygentri, O. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Yor Pasar Alam Bekasi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1897–1907. https://doi.org/https://doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1897-1907
Usulu, I. D., & Tumbel, A. L. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Double O Karaoke Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akutansi, Volume 7 Nomor 4. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26510
Wijaya, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto – Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol 7, No 1.
Published
2024-04-30
Section
Articles