ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS GURU SMP NEGERI 3 BANGIL)


Abstract
Pendidikan yang berkualitas akan berpengaruh pada sumber daya manusia yang berkualitas pula. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan salah satunya adalah kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Faktor kinerja guru yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi disiplin kerja, kepemimpinan situasional, dan beban kerja.
Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMP Negeri 3 Bangil sebanyak 41 responden.
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/index
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) disiplin kerja mempunyai pengaruh secara langsung terhadap motivasi kerja di SMP Negeri 3 Bangil. 2) kepemimpinan situasional mempunyai pengaruh secara langsung terhadap motivasi kerja di SMP Negeri 3 Bangil. 3) beban kerja mempunyai pengaruh secara langsung terhadap motivasi kerja di SMP Negeri 3 Bangil. 4) disiplin kerja mempunyai pengaruh secara langsung terhadap Kinerja di SMP Negeri 3 Bangil. 5) kepemimpinan situasional mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri 3 Bangil. 6) beban kerja mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri 3 Bangil. 7) Motivasi kerja mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri 3 Bangil. 8) disiplin kerja mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di di SMP Negeri 3 Bangil. 9) kepemimpinan situasional mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMP
Negeri 3 Bangil 10) Beban kerja mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMP Negeri 3 Bangil.
References
Ardana, Komang., Ni Wayan Mujiati & Anak Agung Ayu Sriathi. (2017). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Ardiana, T.E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Akuntansi dan Pajak, 17(2) : 14-23.
-----. (2016). Pengaruh Presepsi Guru Atas Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(1) : 1-9.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur Penelit:ian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astuti, Putri Yuni. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 3 Dumai. JOM Femon, 4(1) : 1091-1104.
Barnawi, dan Mohammad Arifin. (2014). Instrumen Pembinaan, Peningkatan, Penilaian Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Danim, Sudarwan. (2014). Motivasi, Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. Penerbit : Rineka Cipta. Jakarta.
Firmandari, Nuraini. (2014). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Yogyakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4 (1) : 25-34.
Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19 (edisi kelima). Semarang : BP. Universitas Diponegoro.
Gibson, J. L., Ivancevich, & Donnely. (2014). Organisasi : Perilaku, Struktur, dan Proses. Jakarta : Erlangga.
Gujarati, Damodar, dan Dawn C Porter. (2015). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta : Salemba Empat.
Handoko, T. Hani. (2014). Manajemen. Yogyakarta : BPFE.
Hasibuan, P. Malayu. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hurit, Andreas Au. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK SMA Di Kota Larantuka, Flores Timur. MAGISTRA, 2 (3) : 244-254.
Ilyas, Yasli. (2016). Kinerja, Teori, Penilaian, dan Penelitian. Jakarta : Bumi Kajian Ekonomi.
Karauwan, R., Lengkong, V.P.K. & Mintardjo, C. (2015). Pengaruh Etos Kerja, Budaya Organisasi, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Minahasa Selatan. EMBA, 3 (3) : 1196-1207.
Kaswan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kintamani, I. (2016). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Data dan Statistik dan Kebudayaan 2016.
Kreitner, R., & Kinicky, A. (2013). Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.
Lasmawan, W. & Natajaya, N. (2017). Hubungan Kepemimpinan Situasional, Motivasi Kerja , dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 1 (1) : 42-50.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2016). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.
Nurhayati, B. (2016). Faktor-Faktor yang mempengaruhi profesionalisme dan kinerja guru Biologi di SMAN Kota Makassar Sulawesi Selatan. Mimbar Pendidikan, 4 (25) : 64-70.
Ratnasari, M. & Widayati, A. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Ciamis. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. hal. 208–225.
Sanusi, Anwar. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Saondi dan Suherman. (2015). Etika Profesi Keguruan. Bandung : Refika Aditama.
Sarwoko. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Sinambela, Lijan Poltak. (2013). Kinerja Pegawai Teori, Pengukuran, dan Implikasinya. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudarmanto. (2014). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : PT. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sunarso & Kusdi. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 4 (1) : 72-79.
Supardi. (2014). Kinerja Guru.Jakarta : Rajawali Pers.
Sutarto. (2016). Dasar-dasar Organisasi. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Timpereley, Helen & Robinson, Viviane. (2015). Workload and the Professional Culture of Teachers. SAGE Publications, 28 (1) : 47-62.
Usman, Husaini. (2017). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20, (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Wahjosumidjo. (2017). Kepemimpinan yang Efektif. Yogyajakarta : Balai Pustaka.
Wahyudin, Agus. (2015). Metodologi Penelitian (Edisi 1 2015). Semarang : Unnes Press.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Pers.
Winarsunu,T. (2018). Psikologi Keselamatan Kerja. Malang : UMM Press.