Pengaruh Kepercayaan Komitmen dan Keluhan Pelanggan Masa Pandemik Virus Corona Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sidayu Gresik


Abstract
Abstrak: Di tengah kondisi ekonomi yang lesu seperti saat ini, kinerja PT Pegadaian (Persero) terus
menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hal ini terlihat dari segi laba, omset pinjaman, hingga jumlah nasabah
yang terus tumbuh di tengah pandemi virus corona atau COVID 19. Di tengah berbagai tantangan dalam masa
pandemi COVID 19, kinerja bisnis perusahaan masih tetap tumbuh. Kepercayaan dan kepuasan pelangga atau
konsumen merupakan kunci penting bagi Pegadaian agar usahanya terus bertahan. Untuk itu, Perusahaan
berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan melakukan inovasi produk agar sesuai dengan
perkembangan zaman, sekaligus sejalan dengan keinginan nasabah. Tujuan penelitian yaitu untuk pengaruh
pengaruh kepercayaan komitmen dan keluhan pelanggan masa pandemic virus corona terhadap kepuasan dan
loyalitas nasabah PT. Pegadaian (persero) Cabang Sidayu Gresik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif, dengan pengambilsan sampel teknik non probality dengan jumlah sampel yang diambil
sebanyak 155 responden, teknik pengumpulan data menggunakan data primer yaitu kuesioner, Teknik analisis
yang digunakan Regresi linier berganda dengan analisis jalur (Path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah dimana nilai sig.
lebih kecil α 0.05. Pengujian variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi mempunyai pengaruh terhadap
loyalitas nasabah dimana nilai sig. lebih kecil α 0.05. Hasil penelitian variabel kepuasan nasabah berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah nilai sig. lebih kecil α 0.05. Pengujian analisis jalur bahwa pengaruh secara
langsung mempunyai nilai tinggi, bila dibandikan melalui variabel intevening. Kesimpulan baha seluruh
variabel berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah baik melalui variabel kepuasan nasabah.
Kata kunci : kepercayaan, komitmen, keluhanan nasabah, kepuasan dan loyalitas nasabah
Abstract: In the midst of a sluggish economic condition like today, the performance of PT Pegadaian
(Persero) continues to show positive growth. This can be seen in terms of profit, loan turnover, and
the number of customers that continues to grow amid the corona virus pandemic or COVID 19. In the
midst of various challenges during the COVID 19 pandemic, the company's business performance is
still growing. Customer or consumer trust and satisfaction is an
important key for Pegadaian so that its business continues. To that end, the Company is
committed to continuously improving its services and making product innovations to suit the
times, as well as in line with customer desires. The aim is to show the influence of trust and
customer complaints during the corona virus pandemic on customer satisfaction and loyalty at PT.
Pegadaian (Persero), Sidayu Gresik Branch. This is a quantitative approach, with non-probability
sampling techniques with a total sample of 155 respondents, data techniques using primary data,
namely questionnaires, the analysis technique used is multiple linear regression with path
analysis. The results showed that the variables of trust, communication, communication have an
effect on customers where the sig. smaller α 0.05. The testing variables for trust, commitment,
communication influence on customer loyalty where the sig. smaller α 0.05. The results of the
research variable customer satisfaction have a significant effect on customer loyalty with the sig
value. smaller α 0.05. The direct influence path analysis test is high, if it is compared through
these variables. The conclusion is that all variables have a significant effect on customer loyalty
both through the customer satisfaction variable.
Keywords: trust, commitment, customer complaints, customer satisfaction and loyalty
References
Akbar, Mohammad Muzahid dan Parvez, Noorjahan. 2009. Impact Of Service Quality, Trust And Ucstomer Satisfaction On Customers Loyalty. ABAC Journal Vol. 29, No. 1 (January-April 2009, pp.24-38).
Akdon, dan Riduwan, 2010. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: penerbit
Alfabeta.
Artanti Yessy, Ningsih Lestari, 2010, Pengaruh Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia,TBK. Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Perantara (Studi pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Surabaya). BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 14, Nomor 2, Desember 2010, hlm. 66-74.
Augusty, Ferdinand. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Az. Nasution, 2014, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung:PT. Citra Adiya Bakti.
Bell, S. J., & Luddington, J. A. (2006). Coping With Customer Complaints. Journal of Service Research, VIII, No. 3, 221-233.
Bua, Hasanuddin. 2019. Pergeseran Pemikiran Paradigma Pemasaran Transaksional ke Pemasaran Hubungan. Tunggal Mandiri Ctakan I.
Budi Setiawan Mulyo Dan Ukudi, 2007, Judul Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah ( Studi Pada PT. BPR Bank Pasar Kendal), Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2007, Hal. 215-227 ISSN: 1412-3126.
Davis, Gordon B. 2012. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikom.
Etta Mamang Sangaji, Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen. Andi : Yogyakarta
Fandy Tjiptono, 2012. Service Manajemen. Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Freddy Rangkuti, 2016. Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handi Irawan. 2014. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Hatane Semuel. Vol. 7, No.1. Maret 2012.Customer Relationship Marketing Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Perbankan Nasional. ISSN : 1907-235X
http://www.bizhelp24.com/kontak/
Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo, 1999, Metodologi Penelitian dan Bisnis, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Kotler dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
Lapasiang Denis dan Silcyljeova Moniharapon, 2017, Pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah Pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Karombasan Manado. Jurnal ISSN 2303-1174.
Luh Kadek Budi Martini. “Relationship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Commitment dan Customer Loyalty. (Studi pada Sebuah Bank Nasional di Denpasar)”.Buletin Studi Ekonomi.Vol 18, No 1. (February) 2013. Pp 9-25
Lupiyoadi, Hamdani. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta. Salemba Empat Media Febrianingtyas., Zainul Arifin., Dahlan Fanani. Pengaruh Customers Relationship
Management Terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 9. No 2. April 2014
Morgan, R.M. and Hunt, S.D. 2014, “The commitment-trust theory of relationship marketing”, Journal of Marketing, Vol. 58 No. 3, pp. 20-38
Mozhgan, Ahmad., Jamshidi, Babak, Navid (Ph.D)., Hashemi Reza. “Effect of Perceived Risks of Internet Banking on Customer Loyalty”. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences. Vol 3. No 11. 2013. Pp 36-45.
Muryati Halipah Paewangi, 2018, Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Komitmen Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Bank Sultra. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4, Nomor 1, Maret 2018.
Ndubisi, Nelson Oly, & Chan Kok Wah. 2007. Factorial and Discriminant Analyses of The Underpinnings of Relationship Marketing and Customer Satisfaction. International Jurnal of Bank Marketing, Vol23: 542-557.
Soekidjan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Stefan worm, 2011. Branded Component Strategies: Ingredient Branding in B2B Markets, https://books.google.co.id/books?isbn=383496453 diakses pada juli 2020
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta Sukesi (2013) Jurnal ISBN : 978-602-18527-2 dengan judul Loyalitas pelanggan produk
terasi rebon, Ditinjau dari Keunggulan Bahan Baku dan Kualitas Pelayanan 4P.
Surabaya.
, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, : Analisis Konsekuensi Kualitas Pelayanan Tehadap Kepuasan Masyarakat (Kajian Pada Pengguna Pelayanan Publik Dinas Perhubungan & LLAJ Provinsi Jawa Timur) VOL.13, NO. 1, MARET 2011: 61-75, Surabaya.
Sunarti. 2009. Metode-metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sunarto. 2006. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Deposito Pada PT Bank Mndiri Cabang (Persero) Semarang Pahlawan. Disertasi. Semarang.
FIS UNNES.
Suparmi dan Handhoko Kuttut, 2018, Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Cabang Utama Semarang. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang ISSN : 2302-2752, Vol. 7 No.1 ,
Suphan Nasir, 2015, customer Relationship Management Strategies in the, Digital Era (Book) – USA: Business Scince Reference.
Tatik Suryani. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu Wibowo Aris, 2010, Jurnal Manajemen, Analisis pengaruh kepercayaan, komitmen, Komunikasi, dan penanganan keluhan Terhadap loyalitas nasabah (Studi Pada
Nasabah PT. NSC finance).
Wysocki, F Allen. Kepner, Karl W. and Glasser Michelle W. 2001. Customer Complaint and Types of Customers. http://edis.ufl.edu/HR005 (diakses pada 11 Juni 2020).
Yunita Arum Safitri. 2011, Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, dan Perannya terhadap Kepuasaan terhadap Loyalitas Nasabah Bank BCA di Surabaya”. Journal of Business and Banking. Vol. 1, No. 2, November 2011, pages 117-130