Persepsi Tentang Catcalling Yang Dialami Oleh Mahasiswa Universitas Dr. Soetomo Surabaya

  • Eka Dhanti Aprilia Putri Universitas Dr. Soetomo
  • R. Hartopo Eko Putro Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 500 , PDF downloads: 487
Keywords: perception, catcalling, students, dr soetomo university

Abstract

This study aims to determine the perception of catcalling experienced by students at Dr Soetomo University Surabaya. This study uses a qualitative descriptive research method with a case study approach. The data collection technique used is observation, namely making observations, interviews with resource persons and reading or viewing documents related to this research. The key informants who were used as resource persons were 5 people. And the results of this study indicate that the perception of catcalling experienced by university students Dr. Soetomo Surabaya is considered an act that leads to sexual harassment. This causes students who experience catcalling to feel fear.

References

Abdul Rahman Shaleh, 2009, Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta :Kencana
Agrimerinda, Dethisyah, 2016. Pelecehan seksual di ruang public (street harrasement) dalam perspektif hukum di Indonesia. Skripsi Fakultas hukum. Universitas Indonesia
Angeline Hidayat, Y. S., 2019. Fenomena catcalling sebagai bentuk pelecehan seksual secara verbal terhadap perempuan di jakarta. pp. Vol.3, (2).
Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset. Jalaludin Rakhmat, (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja
Catacalling dan mimpi buruk perempuan di jalan. https://www.alinea.id/gaya-hidup/catcalling-dan-mimpi-buruk-perempuan-di-jalan-b1UvT9I8 di akses pada tanggal 11 Desember 2020
Catcalling : Candaan Pujian atau Pelecehan Seksual. https://ojs.unud.ac.id./index.php/actacomitas/article/view/51186 di akses pada tanggal 14 Desember 2020
Catcalling adalah pelecehan, bukan semata candaan. https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/catcalling-adalah-pelecehan-bukan-semata-canda di akses pada tanggal 10 Desember 2020
Catcalling, Musuh semua perempuan. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2019/01/23/153000/inilah-catcalling-musuh-semua-perempuan di akses pada tanggal 11 Desember 2020
D. Artaria, Myrtati, 2012. Efek pelecehan seksual di lingkungan kampus : studi preliminer, Surabaya Vol. 1 (1)
Fenomena catcalling sebagai bentuk pelecehan seksual secara verbal terhadap perempuan di Jakarta. http://repository.untar.ac.id/31171/ di akses pada tanggal 1 Januari 2021
Ida Ayu Adnyaswari Dewi, 2019. Catcalling : Candaan, Pujian atau Pelecehan Seksual.
Inilah Catcalling musuh semua perempuan. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2019/01/23/153000/inilah-catcalling-musuh-semua-perempuan di akses pada tanggal 13 Januari 2021.
Liliweri, Alo. (2009). Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Lystianingati, 2018. Pelecehan Seksual Pada Perempuan Di Tempat Kerja (Studi Kasus Kantor Satpol PP Provinsi DKI Jakarta). Jurnal Kriminologi Indonesia. Vol.10 (1) Satpol PP Provinsi DKI Jakarta). Jurnal Kriminologi Indonesia. Vol.10 (1).
Maya Indah S, 2014. Perlindungan korban suatu perspektif viktimologi dan kriminologi , Edisi kedua, Prenadamedia, Jakarta, h.30.
Miftah Thoha. (2003), Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyana, (Angeline Hidayat, 2019)D. (2005). Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar. Bandung: Rosdakarya
Nabila Mustika Islami. Fenomena Catcall Terhadap Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia.
Naufal Al Rahman. Pelecehan Seksual Verbal pada Mahasiswi Berjilbab (Studi Tentang Pemaknaan Pengalaman Pelecehan seksual verbal bagi mahasiswi berjilbab di kota Surabaya), Indonesia.
Nurulita, F. S., & Primadini, I. (2021). Peran key opinion leader dalam pemasaran film bertema kekerasan seksual. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2).
Olivia, O., & Hati, G. P. (2021). Proses akulturasi dalam iklan elektronik chinese new year 2018 matahari department store. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v5i2.3635
Pelecehan seksual secara verbal catcalling di salah satu perguruan tinggi di yogya karata. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39109/ di akses pada tanggal 13 Januari 2021
Primadini, I.,& Pradana, N.J. (2021). Peran Komunikasi Korporat dari PT Angkasa Pura I dalam mengimplementasikan Strategi Media Relations. Soetomo Communication and Humanities, 2(2).
Rachim, M., Yenny, Y., & Susilo, D. (2019). Mendefinisikan ulang visualisasi kesegaran dalam iklan minuman ringan: semiotika sprite “kenyataan yang menyegarkan”. Jurnal komunikasi universitas garut: hasil pemikiran dan penelitian, 4(2), 23-32.
Robbins, S. P. (2003) Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi Kedelapan.
Sari, G. G., & Surya, S. (2018). Makna Kekerasan bagi Perempuan Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga di Pekanbaru. Jurnal Studi Komunikasi, 2(3), 301-321.
Sihite, Romany, 2007. Perempuan, Kesetaraan, dan Keadilan Suatu Tinjau Berwawasan Gender. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers Suharman. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC. Trans. Pujaatmaka, H & Molan, B. Jakarta: Pt. Prenlind
Susilo, D. (2021). Analisis wacana kritis van dijk sebuah model dan tinjauan kritis pada media daring.
Susilo, D., & Haezer, E. (2017). Konstruksi seksualitas perempuan dalam berita pemerkosaan di teks media daring. Jurnal Kawistara, 7(1), 41-55.
Susilo, D., & Kodir, A. (2016). Politik tubuh perempuan: bumi, kuasa, dan perlawanan. Jurnal Politik, 1(2), 317-330.
Suwito, K. A. (2019). Reproduksi pengetahuan atas eksotisme tubuh perempuan: identitas oriental dalam grup facebook ‘indonesia tempo dulu’. Jurnal Studi Komunikasi, 3(2), 230-252.
Published
2022-05-26
Section
Articles