PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III PADA RUMAH SAKIT ISLAM WONOKROMO SURABAYA

  • Reni Yunita Sari Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 452 , PDF Journal downloads: 417
Keywords: Pelayanan Masuk, Pelayanan Administrasi, Pelayanan Dokter, Pelayanan Keperawatan, Kondisi Fasilitas, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh variabel pelayanan rawat inap, pelayanan administrasi, pelayanan dokter, pelayanan perawat, kondisi fasilitas secara simultan terhadap kepuasan pasien pada pasien di Rumah Sakit Islam Surabaya (2) pengaruh variabel pelayanan rawat inap, pelayanan administrasi, pelayanan dokter, Pelayanan Keperawatan, Kondisi Fasilitas secara parsial terhadap Kepuasan Pasien pada pasien Rumah Sakit Islam Surabaya.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Sampel yang digunakan adalah pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Islam Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kebetulan dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Untuk menguji hipotesis, alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 21.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji simultan (F) dari tabel 4.15 di atas diketahui Fhitung sebesar 123,043 > Ftabel sebesar 2,71. Dan pada uji F diatas diperoleh taraf signifikansi 0,000 karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 ≤ 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu membuktikan adanya pengaruh pelayanan masuk, pelayanan administrasi, pelayanan dokter, pelayanan keperawatan dan kondisi fasilitas. secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien pada pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Islam Surabaya dan (2) Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel pelayanan dokter dan kondisi fasilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel pelayanan masuk, pelayanan administrasi dan keperawatan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Islam III Surabaya.

References

Anggarawati,T dan Sari,N.W. 2016. Kepentingan Bersama Perawat-Dokter Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Vol 12, No. 1

Febriyanti,D.H dan Kurniadi,A. 2013. Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pendaftaran di TPPRJ Tugurejo Semarang tahun 2013

Hadiyati, I, dkk 2017. Konsep Kualitas Pelayanan Kesehatan berdasar atas Ekspektasi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional., Vol 49 No. 2,

Khasanah, I dan Pertiwi,O D. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang. Vol. 12 No. 2, 117-124

Kuntoro, W dan Istiono,W. 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal kesehatan nasional, Vol. 2 No 1

Kotler, Philip, & Keller, Kevin L. 2009. Marketing Management (13th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc

Pratiwi, S dan Susanto, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Sultan Immamudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Jurnal Asosiasi Dosen Muhammadiyah Magister Administrasi Rumah Sakit Vol.2 No. 2

Shofiana,N.B, dkk . 2019. Analisis Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien Di Puskesmas Jatisrono I Kabupaten Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 7, Nomor 1,

Sulistiyorini,C, dkk. 2018. Tinjauan Faktor Penyebab Waktu Tunggu Pelayanan Pendaftaran Pasien Umum Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan VOL 09 No. 04

Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Wati, W , dkk. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Kabupaten Kerinci. Jurnal Kesehatan Andalas 8(2)

Yulianti, N dan Madiawati,P.N .2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung .Vol.2, No.2.

Zeithaml, V., Bitner, M., & Gremler, D. 2006. Services Marketing. Integrating Customer Focus Across the Firm (4th ed.). Singapore: McGraw-Hill International Edition

Published
2023-03-13
Section
Articles