ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDY KASUS SIMPANG JALAN VETERAN DAN JALAN MEGANTORO KEC. NGANJUK, KABUPATEN NGANJUK)
PERFORMANCE ANALYSIS OF UNSIGNALED INTERCEPTIONS (CASE STUDY OF THE INTERCEPTION OF JALAN VETERAN AND JALAN MEGANTORO, NGANJUK DISTRICT, NGANJUK DISTRICT)


Abstract
Jalan Veteran dan Jalan Megantoro merupakan jalan alternatif menuju area kawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk, dan Area Komersil di Kabupaten Nganjuk. Simpang ini sering terjadi masalah dikarenakan tidak adanya rambu ataupun pengendali, serta tidak diterapkannya manajemen lalu lintas pada masing-masing ruas jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung kinerja persimpangan, menganalisis kelayakan simpang dan menganalisis kinerja persimpangan 5 tahun kedepan. Metode yang dipakai yaitu metode kuantitatif dengan menghitung dan mengamati volume arus lalu lintas, mengetahui geometri simpang dan hambatan samping yang ada. Penelitian ini menghasilkan jam puncak arus lalu lintas di simpang terjadi pada jam 12:00 – 13:00 WIB. Hasil Survey tersebut dihitung dan dianalisis sesuai dengan metode yang ada pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023(PKJI 2023). Hasil evaluasi diperoleh nilai kapasitas (C) sebesar = 2515 SMP/jam, arus lalu lintas (qTotal) sebesar = 2283 smp/jam, tundaan (T) sebesar = 15,90 detik/SMP, dan nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar = 0,91 yaitu lebih besar dengan yang diisyaratkan PKJI 2023 sebesar 0,85, dapat simpulkan kinerja simpang tersebut kurang baik. Larangan belok kanan untuk jalan minor adalah solusi alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan simpang. Kinerja simpang dengan menggunakan solusi alternatif diperoleh nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar = 0,72 lebih kecil dengan yang diisyaratkan PKJI 2023 sebesar 0,85. Dapat disimpulkan bahwa kinerja dengan solusi alternatif berkinerja baik. Hasil Analisis kinerja simpang pada 5 tahun kedepan didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar = 0,91 yaitu lebih besar dengan yang diisyaratkan PKJI 2023 sebesar 0,85, kinerja simpang tersebut pada 5 tahun mendatang dalam kondisi kurang baik.
References
Direktorat Jenderal Bina Marga, (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Nganjuk (2024). Kabupaten Nganjuk Dalam Angka, Nganjuk Regency In Figures Volume 17, 2024.
Prasteyo, D. (2019). Rekayasa Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan. Kota Bandung. Itenas.
MALIK, Adam (2018). Pengantar Statistika Pendidikan/, Yogyakarta, Deepublish.
Anggraini, R. A., Sinaga, Y. E., Lestari, F., Pramita, G., & Kastamto, D. (2022). EVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL DAN PERENCANAAN APILL. In Journal of Infrastructural in Civil Engineering (JICE) (Vol. 03, Issue 02). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice
Daryl, M., & Pratama, M. (n.d.). RekaRacana: Jurnal Teknik Sipil © Jurusan Teknik Sipil Itenas Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan A.H. Nasution dan Jalan Cikadut, Kota Bandung (Vol. 5, Issue 2).
Hasibuan, D. Y. F. C., & Muchammad Zaenal Muttaqin. (2021). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Persimpangan Pasar Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. JURNAL SAINTIS, 21(01), 53–60. https://doi.org/10.25299/saintis.2021.vol21(01).6507
Rifki Rivaldy, I., & Puji Astutik, H. (2022). Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Pasar Ngasem (Studi Kasus : Jalan Polowijan-Jalan Ngasem Kraton, Kota Yogyakarta). EQUILIB, 03(01), 65–76.
Shofwan, M., Cahyono, D., Muhtadi, A., & Wibisono, E. (n.d.). Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal di Simpang Mengkreng Untuk Perencanaan Jalan Tol Kertosono-Kediri.
Sidiq, M. I., Nurmayadi, D., & Sholahudin, F. (2021). ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (Studi Kasus Di Simpang 3 Kudang, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya). Teras Jurnal : Jurnal Teknik Sipil, 11(2), 329. https://doi.org/10.29103/tj.v11i2.501
Daffa, M. A., & Utami, A. (2024). Analisis Kinerja Lalu Lintas Dan Solusi Simpang Tak Bersinyal Perempatan Duren Tangerang Selatan Dengan Metode PKJI 2014. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 7(1), 1–7. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/gestram/article/view/6582
Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.