Perencanaan Traffic Light Pada Simpang Tiga Brangkal Kabupaten Mojokerto (STUDI KASUS : JALAN TOTOK KEROT – JL. BYPASS MOJOKERTO JOMBANG KEC. SOOKO KAB. MOJOKERTO )
Traffic Light Planning at Simpang Tiga Brangkal Mojokerto Regency (CASE STUDY: JALAN TOTOK KEROT – JL. BYPASS MOJOKERTO JOMBANG KEC. SOOKO KAB. MOJOKERTO)


Abstract
Simpang Tiga Brangkal di Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu persimpangan dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, terutama pada jam sibuk. Peningkatan volume kendaraan akibat pertumbuhan penduduk dan aktivitas transportasi yang terus meningkat menyebabkan kemacetan, tundaan kendaraan, serta potensi kecelakaan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja eksisting simpang tak bersinyal, mengidentifikasi faktor penyebab kemacetan, serta merancang sistem traffic light sebagai solusi untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas. Selain itu, penelitian ini juga melakukan prediksi (forecasting) kondisi lalu lintas dalam lima tahun ke depan guna menentukan efektivitas perencanaan.Metode penelitian yang digunakan meliputi survei volume lalu lintas, analisis derajat kejenuhan (DS), tundaan kendaraan, dan panjang antrian berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Data yang diperoleh berupa data arus lalu lintas yang didapat dari survei selama 3 hari, data jumlah penduduk dan juga kendaraan kabupaten Mojokerto yang didapat dari BPS kabupaten Mojokerto, data yang diperoleh diolah menggunakan peraturan MKJI 1997 dan disesuaikan dengan data yang diperoleh. Hasil yang diperoleh dari penelitian kinerja simpang memiliki derajat kejenuhan sebesar sebesar 0,86 dan tundaan tertinggi sebesar 38,9103. Desain rencana Traffic Light menggunakan 3 fase, fase pertama memiliki waktu hijau sebesar 33 detik, fase kedua memiliki waktu hijau 45 detik dan fase ketiga memiliki waktu hijau sebesar 62 detik, dengan waktu siklus 152 detik. Setelah pemasangan Traffic Light diperoleh derajat kejenuhan sebesar 0,80 dan nilai tundaan sebesar 110,55. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi pihak terkait dalam perencanaan dan implementasi sistem pengaturan lalu lintas di Kabupaten Mojokerto guna meningkatkan efisiensi transportasi serta keselamatan pengguna jalan.
References
MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI) Februari 1997. Direktorat Jendral Bina Marga, Marga Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT) Republik Indonesia
PEDOMAN KAPASITAS JALAN INDONESIA (PKJI) 2023, Direktorat Jendral Bina Marga, Marga Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT) Republik Indonesia : Jakarta.
Badan Pusat Statstik Kabupaten Mojokerto (mojokerto.bps.go.id)
Republik Indonesia. 2009. Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Jakarta
Dika Afrizal,Rudy Santosa dan Bambang Sujatmiko. (2023). Perencanaan Traffic Light Pada Simpang Tiga Jl. Jaksa Agung Suprapto – Jl. KH. Wahid Hasyim - Jl. Jamaludin Kabupaten Sampang.
Fauzan,Helga dan Ishak. (2022). Analisis Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Persimpangan Tanjung Pati Kabupaten 50 Kota.
Ery,Winayati dan Muthia. (2021). Perencanaan Traffic Light Simpang Empat Jl. HR Soebrantas Panam – Jl. Raya Pekanbaru – Jl. Kubang Raya – Jl. Garuda Sakti Kota Pekanbaru.
Sahat,Fadrizal dan Alfian. (2020). Perencanaan Traffic Light Pada Persimpangan Jalan Garuda Sakti – Jalan Melati – Jalan Binawidya Kota Pekanbaru.
Adi Tri Wibowo dkk. (2021). Analisa Kinerja Traffic Light Taman Madukoro Pada Ruas Jalan Jendral Sudirman Kota Semarang.
Aditya dkk. (2023). Desain Perencanaan Kinerja Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal Pada Jalan Gayung Kebonsari Dengan Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia.
Pernandes, Sapta. (2020). Perencanaan Traffic Light Pada Persimpangan Titi Kuning. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Medan Area.
Amero, R. A., Asdhi, J., & Subagyo, u. (2023). Perencanaan Simpang Bersinyal Jalan Tlogo-Serut Kecamatan Ngunut Tulungagung....Manajemen Rekayasa ...,4(96), 22-26 http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/josmrk/article/view/3198%0Ahttps://jurnal.polinema.ac.id/index.php/josmrk/article/dowload/3198/2619
Widjajanti, E., Gustini, D., & Ifani, S. (2020). Perencanaan simpang bersinyal pada simpang gandul depok. X(1), 9-16
Anggrain, R. A., Sinaga, Y. E., Lestari, F., Pramita, G., & Kastamto, K. (2022). Evaluasi Simpang Tak Bersinyal Dan Perencanaan Apill. JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 3(02), 32. https://doi.org/10.33365/jice.v3i02.2152
Anton, E. E., Zakaria,A., Tajuddin,A., &Ananda,A.A. (2022). Perencanaan Waktu Sinyal Lampu Lalu Lintas Menggunakan Mikrosimulasi Vissim pada Simpang Tiga di Kota Makassar. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 7(2), 94–103. https://doi.org/10.33096/jtsm.v7i2.560
Putra, I. P. M.A. M., Sriastuti, D.A. N., & Rahadiani,A.A. S. D. (2021).Analisis Simpang Bersinyal Pada Simpang Uluwatu, Badung, Bali. Jurnal Teknik Gradien, 13(2), 22–27. https://doi.org/10.47329/teknikgradien.v13i2.756
Utami, D. D., & Dedi, H. (2021). Perencanaan Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Tiga Terminal Ciledug Kabupaten Cirebon). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2, No. 5, 16.
Ibnu Prakoso, R., Kuantan Singingi, I., Jl Gatot Subroto, I. K., Nenas, K., Jake, D., & Kuantan Singingi, K. (2021). Perencanaan Simpang Bersinyal Studi Kasus Simpang Tiga Smkn 1 Teluk Kuantan (Jl. Proklamasi, Jl. Belibis, Jl. Tuanku Tambusai) Kota Teluk Kuantan. 4(1), 432–446. https://www.google.com/maps/@-0.5281083,101.5780919,7466m
Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.