Analisa Manajemen Waktu Dan Biaya Pada Proyek Modernisasi Pabrik Gula Dengan Menggunakan Metode Nilai Hasil

Analysis of Time and Cost Management in the Sugar Factory Modernization Project Using the Yield Value Method

  • Ilham Asghori Universitas Dr. Soetomo
  • Kusnul Yakin Universitas dr.Soetomo Surabaya
  • Maulidya Octaviani
Abstract views: 165 , PDF downloads: 143
Keywords: Kata kunci : Earned Value Analysis, Varian Biaya, Varian Waktu

Abstract

Pabrik Gula Djatiroto  terletak di Desa Kaliboto Lor, Kecamatan Djatiroto, Kabupaten Lumajang. pabrik gula Djatiroto ini merupakan Pabrik terbesar di Pulau Jawa, baik dari luas areal kerjanya maupun kapasitas giling. pabrik gula Jatiroto didirikan pada tahun 1905 yang merupakan pabrik yang paling tua di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan waktu penyelesaian proyek dan biaya akhir penyelesaian proyek.  Pada penelitian ini akan diterapkan metode Earned Value Analysis untuk mengendalikan waktu dan biaya pelaksanaan proyek. Dari nilai indikator yang ada kemudian dilanjutkan dengan perhitungan varian waktu dan varian biaya sehingga didapatkan waktu dan biaya akhir proyek. Pengendalian waktu dan biaya dilakukan bila terdapat penyimpangan. Berdasarkan perhitungan dari nilai indikator serta nilai varian biaya dan varian waktu yang digunakan evaluasi bulan ke-27 pelaksanaan pembangunan Proyek Modernisasi Pabrik Gula Djatiroto, perkiraan waktu penyelesaian akhir proyek adalah 1369 hari atau terlambat 181 hari dari yang direncanakan yaitu 1188 hari kalender dengan estimasi biaya total penyelesaian proyek sebesar Rp.788.257.906.550 maka perlu dilakukan percepatan pelaksanaan proyek dengan alternatif penambahan jam kerja. kesimpulannya setelah pengendalian proyek diketahui nilai perkiraan waktu penyelesaian proyek adalah 1184 hari, dan nilai perkiraan  biaya penyelesaian proyek adalah sebesar Rp.800.013.163.140.

References

Ervianto, W.I.2005. Manajemen Proyek Konstruksi. Andi: Yogyakarta.

Faridah. 2013 ‘Pengendalian Proyek Dengan Metode Earned Value (Studi Kasus

Pembangunan Perumahan Griya Mahoni Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh-Barat’: Universitas Teuku Umar Alue Peunyareng Meulaboh.

Febrian, Rahmad. 2017 ‘Analisis Tingkat Efektifitas Pengendalian Waktu Dan Biaya Dengan Metode Nilai Hasil’: Politeknik Negeri Padang.

Flemming, Koppelman. 2007. Konsep Earned Value. Soemardi: Jakarta.

Irfanur, Rahman. 2010. ‘Earned Value Analysis Terhadap Biaya Pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung C Fakultas MIPA UNS). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Priyo, Mandiyo; Adi Wibowo, Noor. 2009. ‘Konsep Earned Value dalam Aplikasi Pengelolaan Proyek Konstruksi’: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Soeharto, Iman. 1996. Manajemen Proyek Dari Konseptual sampai Operasional. Erlangga: Jakarta.

Witjaksana, Budi dan Petrik Resersi, Samuel. 2012. ‘Analisa Biaya Proyek Dengan Metode Earned Value Dalam Proses Kinerja’: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Yomelda dan Utomo, Christiono. 2015. ‘Analisa Earned Value Pada Proyek Pembangunan Vilmala Hills Villa Dan Resort Bogor’. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Zidni Fasihul, Muhammad. 2017. ‘Analisa Kinerja Biaya Dan Waktu Menggunakan Metode Earned Value Analysis Pada Proyek Pembangunan Jembatan Dan Jalan Pulorejo - Blooto Kota Mojokerto.

Published
2023-05-25
How to Cite
Asghori, I., Kusnul Yakin, & Maulidya Octaviani. (2023). Analisa Manajemen Waktu Dan Biaya Pada Proyek Modernisasi Pabrik Gula Dengan Menggunakan Metode Nilai Hasil: Analysis of Time and Cost Management in the Sugar Factory Modernization Project Using the Yield Value Method. CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology, 1(01), 7-14. https://doi.org/10.25139/concrete.v1i01.6167
Section
Articles