Analisis Perbandingan Biaya Dan Waktu Antara Kosntruksi Baja Dan Beton (Studi Kasus : Proyek Pergudangan Logistik Mako Ksatrian Yon 1 Marinir Gedangan Sidoarjo)

Cost And Time Comparison Analysis Between Steel And Concrete Construction (Case Study: Mako Ksatrian Battalion 1 Marines Gedangan Sidoarjo Logistics Warehousing Project)

  • Ning Wahyuni Universitas Dr. Soetomo
  • Kusnul Yakin Universitas dr.Soetomo Surabaya
  • Maulidya Octaviani Universitas dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 163 , PDF downloads: 1076
Keywords: Kata kunci: Gudang; Beton; Baja; Biaya;Waktu.

Abstract

Dalam suatu proyek gudang pemilihan jenis struktur dapat mempengaruhi biaya pelaksanaan dari pembuatan gudang.Hal ini menjadi salah satu pertimbangan dalam perencanaan pembuatan gudang berdasarkan budget yang di miliki untuk membuat gudang tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui biaya dan waktu pelaksanaan proyek gudang apabila terbuat dari konstruksi beton.Metode yang dilakukan berupa kualitatif dengan analisa menghitung struktur alternatife beton dan dari analisa tersebut dapat dibandingkan besarnya efisien waktu dan biaya. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan besar biaya konstruksi baja sebesar Rp. 719.089.177,23 sedangkan total untuk konstruksi beton sebesar Rp. 843.829.369,82 Adapun selisih waktu untuk pekerjaan konstruksi baja 87 hari dan untuk konstruksi beton 101 hari.

 

References

Alma’mun Iga. 2016. “ Studi Analisa Biaya penggunaan Struktur Baja dan Struktur Beton bertulang Gedung RSJ V.L Ratumbuysang”.
Futariani Yovi. 2016. “Kajian struktur baja sebagi alternatif review design struktur beton bertulang”.
Hartono Tri. 1987. “Perbandingan Analisa biaya antara jembatan konstruksi beton bertulang dan konstruksi baja”.
Husodo Erdityo. 2009. “Studi banding Biaya pelaksanaan Jembatan Teknik Sastra dari Struktur baja dan Struktur Beton”.
Ibrahim, H.Bachtir. 1993. “Rencana Dan Estimate Real Of Cost”. Cetakan ke -2.Jakarta : Bumi Aksara
Niron John. W., 1992, “Rencana Anggaran Biaya Bangunan”, Asona, Jakarta
Masitoh Agusta Ambarwati. 2017. “Analisis perbandingan metode pelaksanaan biaya pada jembatan baja komposit dan jembatan beton bertulang konvensional di desa Pengkol kab Boyolali”.
Published
2023-05-25
How to Cite
Wahyuni, N., Kusnul Yakin, & Maulidya Octaviani. (2023). Analisis Perbandingan Biaya Dan Waktu Antara Kosntruksi Baja Dan Beton (Studi Kasus : Proyek Pergudangan Logistik Mako Ksatrian Yon 1 Marinir Gedangan Sidoarjo): Cost And Time Comparison Analysis Between Steel And Concrete Construction (Case Study: Mako Ksatrian Battalion 1 Marines Gedangan Sidoarjo Logistics Warehousing Project). CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology, 1(01), 70-75. https://doi.org/10.25139/concrete.v1i01.6172
Section
Articles