EVALUASI KINERJA OPERASIONAL ANGKUTAN KOTA WIRAWIRI SUROBOYO RUTE TERMINAL BRATANG – STASIUN PASAR TURI
EVALUATION OF WIRAWIRI SUROBOYO CITY TRANSPORT OPERATIONAL PERFORMANCE BRATANG TERMINAL ROUTE – PASAR TURI STATION
Abstract
Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Pulau Jawa dengan jumlah penduduk 2,99 juta jiwa dan luas wilayah 350,5 km2. Dengan banyaknya kawasan CBD di sekitar barat dan timur kota, mendorong peningkatan intensitas pergerakan. Dampak negatif dari meningkatnya pergerakan adalah munculnya kemacetan akibat dominannya penggunaan kendaraan pribadi. Pemerintah Kota Surabaya dan Kementerian Perhubungan bekerja sama memproduksi angkutan WiraWiri Suroboyo sebagai solusi kemacetan. Sejak diresmikan, kondisi operasional angkutan belum mencapai kinerja optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi hasil kinerja operasional angkutan berdasarkan pedoman SK.687/AJ206/DRJD/2002. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, pengumpulan data di lapangan dengan survei dinamis. Hasil analisis kinerja WiraWiri Suroboyo berdasarkan kapasitas penumpang 1 unit armada operasi 11 penumpang 5 unit sehingga kapasitas kendaraan 55 penumpang, ditinjau dari rata-rata load factor sebesar 49,39%, rata-rata waktu tempuh 76 menit, rata-rata downtime 2 menit, rata-rata waktu sirkulasi satu putaran penuh 2 jam 31 menit, kecepatan perjalanan 18 km/jam, rata-rata headway pemberangkatan 15,78 menit, terdapat 3 indikator kajian operasional yang tidak memenuhi syarat standar, merupakan faktor muatan karena masyarakat cenderung menggunakan kendaraan pribadi, kecepatan masih di bawah standar karena jarak pemberhentian satu ke pemberhentian lain terlalu dekat dan headway yang panjang karena jumlah armada yang terlalu sedikit. Kebutuhan jumlah armada yang ditentukan berdasarkan rata-rata waktu sirkulasi dan headway yang dianalisis menghasilkan 10 unit armada atau sekitar 50% dari jumlah armada yang beroperasi saat ini.
References
Badan Pusat Statistik.,2023,Jumlah penduduk Kota Surabaya.
Departemen Perhubungan RI. 2002. Jenderal Perhubungan Darat Nomor 274/HK.105/DRJD/96 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Direktorat Perhubungan Darat. Jakarta.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan. 1996. Surat Keputusan Dirjen 271/1996, Pedoman Teknis Perekayasanaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum, Departemen Perhubungan, Jakarta.
Dinas Perhubungan Kota Surabaya. (2023). Rute Wira Wiri Suroboyo.
Morlok, E.K., 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Surabaya.go.id. (2023). Integrasikan Angkutan Umum di Surabaya, Wali Kota Eri Resmikan Pengoperasian 52 Unit Angkutan Feeder. Surabaya. Retrieved Mei 2023, from https://www.surabaya.go.id/id/berita/72890/integrasikantransportasi-umum-di-surabaya-wali-kota-eriresmikan-pengoprasian-52-unit-angkutan-feeder
Walikota Surabaya. (2023). Peraturan Walikota Surabaya Nomor 22 Tahun 2023 tentang Tarif dan Kontribusi Sampah dalam Penggunaan Layanan Badan Layanan Umum Daerah Unik Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Transportasi Umum pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya.
Warpani, S. (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Badan Penerbit dan Percetakan ITB.
Warpani, S. (2011). Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Badan Penerbit dan Percetakan ITB.
Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.