EVALUASI KINERJA OPERASIONAL ANGKUTAN KOTA WIRAWIRI SUROBOYO RUTE TERMINAL BRATANG – STASIUN PASAR TURI

EVALUATION OF WIRAWIRI SUROBOYO CITY TRANSPORT OPERATIONAL PERFORMANCE BRATANG TERMINAL ROUTE – PASAR TURI STATION

  • Andreana Isa Evita Sari Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Rudy Santosa Unitomo
  • Bambang Sujatmiko
Abstract views: 130 , pdf downloads: 145
Keywords: WiraWiri Suroboyo Transportation, Headway, Load factor, Operational Performance

Abstract

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Pulau Jawa dengan jumlah penduduk 2,99 juta jiwa dan luas wilayah 350,5 km2. Dengan banyaknya kawasan CBD di sekitar barat dan timur kota, mendorong peningkatan intensitas pergerakan. Dampak negatif dari meningkatnya pergerakan adalah munculnya kemacetan akibat dominannya penggunaan kendaraan pribadi. Pemerintah Kota Surabaya dan Kementerian Perhubungan bekerja sama memproduksi angkutan WiraWiri Suroboyo sebagai solusi kemacetan. Sejak diresmikan, kondisi operasional angkutan belum mencapai kinerja optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi hasil kinerja operasional angkutan berdasarkan pedoman SK.687/AJ206/DRJD/2002. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, pengumpulan data di lapangan dengan survei dinamis. Hasil analisis kinerja WiraWiri Suroboyo berdasarkan kapasitas penumpang 1 unit armada operasi 11 penumpang 5 unit sehingga kapasitas kendaraan 55 penumpang, ditinjau dari rata-rata load factor sebesar 49,39%, rata-rata waktu tempuh 76 menit, rata-rata downtime 2 menit, rata-rata waktu sirkulasi satu putaran penuh 2 jam 31 menit, kecepatan perjalanan 18 km/jam, rata-rata headway pemberangkatan 15,78 menit, terdapat 3 indikator kajian operasional yang tidak memenuhi syarat standar, merupakan faktor muatan karena masyarakat cenderung menggunakan kendaraan pribadi, kecepatan masih di bawah standar karena jarak pemberhentian satu ke pemberhentian lain terlalu dekat dan headway yang panjang karena jumlah armada yang terlalu sedikit. Kebutuhan jumlah armada yang ditentukan berdasarkan rata-rata waktu sirkulasi dan headway yang dianalisis menghasilkan 10 unit armada atau sekitar 50% dari jumlah armada yang beroperasi saat ini.

References

Badan Pusat Statistik.,2023,Jumlah penduduk Kota Surabaya.

Departemen Perhubungan RI. 2002. Jenderal Perhubungan Darat Nomor 274/HK.105/DRJD/96 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Direktorat Perhubungan Darat. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan. 1996. Surat Keputusan Dirjen 271/1996, Pedoman Teknis Perekayasanaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Dinas Perhubungan Kota Surabaya. (2023). Rute Wira Wiri Suroboyo.

Morlok, E.K., 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Surabaya.go.id. (2023). Integrasikan Angkutan Umum di Surabaya, Wali Kota Eri Resmikan Pengoperasian 52 Unit Angkutan Feeder. Surabaya. Retrieved Mei 2023, from https://www.surabaya.go.id/id/berita/72890/integrasikantransportasi-umum-di-surabaya-wali-kota-eriresmikan-pengoprasian-52-unit-angkutan-feeder

Walikota Surabaya. (2023). Peraturan Walikota Surabaya Nomor 22 Tahun 2023 tentang Tarif dan Kontribusi Sampah dalam Penggunaan Layanan Badan Layanan Umum Daerah Unik Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Transportasi Umum pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya.

Warpani, S. (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Badan Penerbit dan Percetakan ITB.

Warpani, S. (2011). Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Badan Penerbit dan Percetakan ITB.

Published
2024-05-10
How to Cite
Sari, A. I. E., Rudy Santosa, & Bambang Sujatmiko. (2024). EVALUASI KINERJA OPERASIONAL ANGKUTAN KOTA WIRAWIRI SUROBOYO RUTE TERMINAL BRATANG – STASIUN PASAR TURI: EVALUATION OF WIRAWIRI SUROBOYO CITY TRANSPORT OPERATIONAL PERFORMANCE BRATANG TERMINAL ROUTE – PASAR TURI STATION. CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology, 2(01), 52-59. https://doi.org/10.25139/concrete.v2i01.7887
Section
Articles