Strategi Tim Visual Indozone.Id Dalam Perancangan Infografik Di Media Sosial Instagram

Abstrak views: 1280 , PDF (English) downloads: 1155

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi tim visual indozone.id dalam perancangan infografik di media sosial instagram. Pernyataan penelitian yang diajukan adalah bagaimana strategi tim visual indozone.id dalam perancangan infografik di media sosial instaram? Metode penelitian ini deskriptif kualitatif berdasarkan paradigma konstrutivisme. Subjek penelitian yaitu Tim Visual, Redaktur, dan Pengikut akun instagram indozone. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh key-infoman dan informan, penelitian ini menggunakan teori Ekologi Media dari MC. Luhan. Khususnya bagi para media online dalam menghasilkan beragam unsur-unsur berita. Lembaga berita online terjerembap menyampaikan informasi yang belum final terverifikasi kepada masyarakat luas sehingga terkadang menimbulkan mis-persepsi dan mis-interpretasi fakta. Oleh karena itu fokus penelitian ini yaitu, strategi tim visual indozone.id dalam perancangan infografik di media sosial instagram. Hasil dari penelitian dan ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan diantaranya, membuat infografik mudah dipahami, judul yang menarik, mencari berita untuk dijadikan infografik, kendala saat pembuatan infografik. Strategi tersebut dilakukan tim visual dalam penyajian infografik.

Referensi

Andriandra, R. (n.d.). Tim Visual Indozone.id.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
David, F. R. (2011). Strategic Management. Salemba Empat.
Indonesia, T. P. H. K. P. R. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Pedagangan RI. Pusat Hubungan Masyarakat.
Intan Salina Che Sulaiman, Nawi, N. H. M., Hasdhatul Norasyikin Mf Said, Singhapakdi, A., Vitell, S. J., Franke, G. R., (Nurarif & Kusuma, 2016), Bush, T., Ng, A. Y. M., Wei, K. T., Chay, J., Glover, D., Lei, M. T., Kementerian Pendidikan Malaysia, Jones, T. M., Lincoln, S. H., Holmes, E. K., Amirul, M., Bin, H. A. Q., … Guru, I. P. (2014). Konsep Penerapan Dan Penghayatan Nilai-Nilai Murni Berasaskan Falsafah Pendidikan Kebangsaan ( FPK ). Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Irianto, A. (n.d.). Pengikut Akun Instagram Indozone, Wawancara.
Kolil, M. T., Harliantara, H., & Susilo, D. (2020). Kebijakan Siaran Lokal Televisi Berjaring Kompas TV. ETTISAL : Journal of Communication. https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.4353
Kriyantono, R. (2020). Efektivitas website perguruan tinggi negeri sebagai penyedia informasi bagi mahasiswa. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(1), 117. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.1799
Kurniawan, H. (2003). Cara Cepat Mahir Editing: Kiat Singkat Jadi Manajer Bahasa Buku dan Media Massa. Mutiara Allamah Utama.
Panuju, R., Susilo, D., & Sugihartati, R. (2018). A Strategy for Competitive Broadcasting - Radio Community Networking in Tulungagung, Indonesia. https://doi.org/10.5220/0007331504670472
Prahastiwi Utari. (2011). Media Sosial, New Media, dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Aspikom.
Ride, A. D. and P. (2006). The New Media Handbook. Routledge.
Rofie, M. (n.d.). , Redaktur Indozone.id.
Rubawati, E. (2018). Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.586
Rully Nasrullah. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Saputra, A. A., Susilo, D., & Harliantara, H. (2021). Virtual Ethnography on the Ngalah Islamic Boarding School Instagram Business Account. Sahafa Journal of Islamic Communication, 3(2), 161–173.
Sugihartati, R., & Susilo, D. (2019). Acts against drugs and narcotics abuse: Measurement of the effectiveness campaign on Indonesian narcotics regulator Instagram. Journal of Drug and Alcohol Research. https://doi.org/10.4303/jdar/236079
Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual. ANDI.
Susilo, D., & Sugihartati, R. (2020). Indonesian Nationalism Discourse on YouTube Video Produced by Young Chinese-Indonesians. Plaridel, Advance On.
Turner, W. R. dan L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Salemba Humanika.
Diterbitkan
2021-04-14
Bagian
Articles