Rancang Bangun Game 2D Dayak Run Bergenre Endles Running Berbasis Android

  • Rahman Jailani Universitas Darwan Ali
  • Agung Purwanto Universitas Darwan Ali
Abstract views: 829 , PDF downloads: 395

Abstract

Tujuan perancangan adalah untuk membuat game bergenre endless running dan pelestarian budaya Dayak. Game dirancang untuk smartphone berbasis Android. Metode yang di gunakan yaitu dengan menyebar kuesioner kepada responden yang berumur 10 tahun keatas. Penelitian juga dilakukan dengan membandingkan game sejenis. Metode perancangan di mulai dari tahap Analisis Data, Desain Sistem, Pembuatan Program, Pengujian, Implementasi, Evaluasi. Hasil perancangan adalah game “Dayak Run” yang bergenre endless running dan memuat kebudayaan Dayak sebagai tema utama. Simpulan dari skripsi ini adalah perpaduan budaya dayak dalam game Dayak Run merupakan media yang menarik dan efektif untuk melestarikan kebudayaan Dayak. Responden juga terhibur dengan memainkan game “Dayak Run”.

References

[1] A. Harb, Identitas Dayak Komodifikasi dan Politik Kebudayaan. LKiS Yogyakarta, 2004.

[2] N. Iman, “Pembangunan Aplikasi Game Hybrid Shooter Side-Scrolling Destroyer Garuda Berbasis Desktop.,” Unikom, 2013.

[3] W. Wijatmaka, “Pembelajaran Kebudayaan Jawa Berbasis Mobile Android,” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.

[4] M. I. Aviantara, A. Junuka, and S. Rahamdhan, “Aplikasi Game Endless Running ‘The Last Orangutan’ Berbasis Android,” Skripsi, Universitas Bina Nusantara, 2014.
Published
2019-07-31
How to Cite
JailaniR., & PurwantoA. (2019). Rancang Bangun Game 2D Dayak Run Bergenre Endles Running Berbasis Android. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.25139/inform.v4i2.1787
Section
Volume 4 No. 2 2019