Rancangan Sistem Informasi Pegawai Lapangan Rentcar Menggunakan Framework CodeIgniter

  • UPN “Veteran” Jatim
  • UPN “Veteran” Jatim
  • UPN “Veteran” Jatim
Abstract views: 758 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 738

Abstract

Pada era Teknologi Informasi yang berkembang cepat seperti dewasa ini, Kebutuhan akan sistem yang terkomputerisasi dalam segala aspek bisnis sangatlah penting. Bisnis Rental Mobil pun memerlukannya dalam segi pengolahan Pegawai Lapangan Rentcar. Selama ini Rental Mobil yang menjadi Studi kasus kami, menunjukkan bahwa dalam mendistribusikan informasi data administrator ke pegawai lapangan tersebut di lakukan secara manual yaitu dengan mendatangi atau menemui ke pegawai yang bersangkutan untuk menyampaikan sebuah informasi. Dengan cara manual tersebut akan memerlukan waktu dan tenaga yang banyak sehingga tidak efektif dalam kinerja pegawai. Adanya sistem komputerisasi yang bisa mendukung dalam menjalankan sistem kepegawaian lapangan dengan mudah, maka penulis ingin memberikan sebuah solusi dengan cara membangun Rancangan Sistem Informasi yang mampu merekap kegiatan Pegawai utamanya yang bergerak di Lapangan agar dapat sinkron dengan Pegawai yang berada dalam bagian administrasi. Rancangan Sistem informasi ini kami bangun menggunakan Framework CodeIgniter (Sebagai MVC), PHP sebagai server side, untuk databasenya menggunakan database MySQL yang dijalankan pada system browser. Pada akhir Uji Coba kami melakukan validasi terhadap rancangan sistem informasi ini menggunakan metode Tabel R dan Kappa Cohen. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Rancangan Sistem Informasi Pegawai Lapangan Rentcar yang terdiri 4 hak akses  yaitu yang hak akses sebagai Koordinator Lapangan, hak akses sebagai Driver, hak akses sebagai Checker, hak akses sebagai Mekanik Bengkel. Keempat Hak akses ini terintegrasi dalam sebuah jaringan online.

Author Biographies

, UPN “Veteran” Jatim

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Ilmu Komputer

 

, UPN “Veteran” Jatim

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Ilmu Komputer

 
, UPN “Veteran” Jatim

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Ilmu Komputer

References

[1] Anjaya, l., Lukito, r., & Djatikusuma, e. s., Sistem informasi manajemen kepegawaian berbasis web pada PT Bintang Sejati Palembang., 2010.
[2] Cahyono, j. t.., Pembuatan sistem informasi rental mobil Purnama Rent car Ploso Pacitan berbasis web., IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 2010.
[3] Fajriyah, s. k., Implementasi Framework Code Igniter Untuk Aplikasi Situs Portal Berita, 2010.
[4] Febriansyah, Aplikasi Pengolahan Data Pegawai Pada Inspektorat Kota Lubuklinggau, 2011.
[5] Firmasyah, M., Nurhidayat, & Inayatullah., Aplikasi Pengelolaan Data Karyawan Pada PT.Pelayaran Nusantara "Putra Samudra" Palembang. 2013.
[6] Guanawan, R., Chandra, E., & Pradesan, I, Sistem Informasi Pengolaan Data Kepegawaian Pada Pt. Sigap Panca Marga,. 2008
[7] Hadi, d. a. , Pengertian Dan Cara Menggunakan Bootstrap. retrieved from www.malasngoding.com/pengertian-dan-cara-menggunakan-bootstrap/ , January 6th 2016,
[8] Handojo, a., & yulia, Pembuatan Aplikasi Sistem Pendaftaran Praktikum Online Pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Kristen Petra Dengan Menggunakan Php, 2003.
[9] Hastuti, L. D., Rakhmawati, A., & Budiman, A., Aplikasi Kepegawaian Di Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Solo Berbasis Dekstop.. 2012.
[10] Nanda, p., Putra, h., & Kamil, h, Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang Dan Pemukiman Provinsi Sumatra Barat Berbasis Web Dengan Fitur Mobile., 2013.
[11] Rokhmah, e. y., Hakkun, r. y., & Fatoni, k., Sistem Informasi Kepegawaian Di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Berbasis Web., 2012.
[12] Santoso, B. A.. Codeigniter 3.0 Akhirnya Dirilis. retrieved from www.codepolitan.com/codeigniter-3-0-akhirnya-dirilis , 2015
[13] Septavia, i., gunadhi, r. e., & kurniawati, r.. Sistem Informasi Penyewaan, 2015
Published
2017-08-01
How to Cite
, , & . (2017). Rancangan Sistem Informasi Pegawai Lapangan Rentcar Menggunakan Framework CodeIgniter. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.25139/inform.v2i2.301
Section
Articles