Analisis Semiotika Iklan Kumon "Brings Success"


Abstract
Analisis Semiotika iklan KUMON “Brings Success”, penelitian ini membahas tentang sebuah iklan dan membedah mitosnya. Kumon Educational Japan Co., Ltd adalah organisasi kursus belajar yang didirikan oleh Toru Kumon padatahun 1958. Metode kumon adalah belajar matematika dan pemahaman bacaan yang diterapkan di kelas-kelas secara efektif. Ciri khas dari Lembaga bimbingan belajar non formal KUMON adalah Lembaga tersebut memfokuskan kepada dua mata pelajaran saja yaitu bahasa Inggris dan matematika. Lembaga tersebut memiliki anggapan bahwa kedua mata pelajaran itu merupakan kunci menuju kesuksesan seperti yang ditunjukkan lewat slogannya yang berbunyi “BringSuccess”. Penelitian ini akan befokus pada iklan Kumon karena iklan tersebut mengandung beberapa pesan yangditampilkan melalui tanda – tanda dan mitos kesuksesan. Metode yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan teori dari Roland Barthes. Beberapa objek yang akan diteliti dalam penelitian iniadalah mitos dari slogan kumon “Brings Success” dan makna detonasi dan konotasi yang terkandung dalam iklantersebut. Barthes menyatakan bahwa tanda yang ada di sekitar kita dilihat dari mitos dan mitologi yang mendasarinya.Mitos dari suatu objek tersebut, kemudian akan menimbulkan adanya makna konotasi dan makna denotasi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui mitos – mitos yang terdapat pada iklan KUMON. Motode RolandBarthes digunakan sebagai pembedah penanda dan petanda yang berada pada iklan tersebut. Dengan melakukanpenelitian ini peneliti telah menemukan beberapa bentuk tanda dalam iklan seperti sikap, teks, simbol, ekspresi, ilmu pengetahuan tertentu dan profesi – profesi yang telah ditampilkan dalam iklan tersebut.