Penggunaan bahasa gaul di media sosial

  • Dinda Fibria Unitomo
  • Didik Sugeng Widiarto Unitomo
Abstract views: 2060 , pdf downloads: 1847
Keywords: Bahasa Gaul, Sosial Media, Speech Act, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Remaja saat ini sering kali mengikuti apa yang sedang viral atau trending di berbagai sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dll. Seperti halnya saat ini yang sangat viral di sosial media bahkan sampai digunakan untuk berkomunikasi dengan kerabatnya. Bahasa gaul merupakan suatu hal yang sedang viral dan trending di kalangan remaja, mereka menggunakan bahasa gaul untuk menyampaikan suatu hal atau untuk bercerita.

Dalam penelitian ini beberapa remaja mahasiswa unitomo dari berberapa fakultas mempunyai tanggapan mengapa mereka menggunakan bahasa gaul saat berkomunikasi dengan kelompok mereka atau dengan kerabatnya. Dalam hal komunikasi pastinya kita akan menyampaikan sesuatu untuk disampaikan dan diterima, dengan menggunakan bahasa gaul pastinya kita juga butuh lawan bicara yang juga memahami bahasa gaul. Sebab jika lawan bicara tidak mengerti apa itu bahasa gaul maka komunikasi yang dihasilkan menjadi obrolan yang cangguh dan menimbulkan ketersinggungan. Bebarpa mahasiswa unitomo mengatakan jika berkomunikasi menggunakan bahasa gaul membuat obrolan yang dihasilkan nyaman dan juga sebagai hiburan sebab bahasa gaul memiliki makna yang bisa menghibur selain nyaman dan menghibur bahasa gaul memiliki bahasa yang singkat.

Dalam tindak tutur atau Speech Act bahasa gaul juga bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau mengungkapkan suatu hal seperti pernyataan. Maka dari itu remaja mahasiswa unitomo memilih menggunakan bahasa gaul karna penyampaiannya sangat simple dan tidak banyak membuang waktu.

Published
2022-08-31
How to Cite
Fibria, D., & Widiarto, D. S. (2022). Penggunaan bahasa gaul di media sosial . Journal Communication Specialist, 1(2), 179-186. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/5012
Section
Articles